Heterogenitas Penduduk telah Membentuk Masyarakat

Berkenaan dengan kata heterogenitas dapat diartikan dengan keanekaragaman atau kemajemukan. Kata heterogenitas dasar katanya adalah heterogen, yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertiannya adalah terdiri atas berbagai unsur yang berbeda sifat atau juga berlainan jenis. Heterogenitas memang dibentuk dari keanekaragaman sehingga menjadi masyarakat. Masyarakat terdiri dari berbagai budaya, ras, suku, keyakinan, latar belakang, ideologi, dan beragam perbedaan lainnya, tapi merajut persatuan dan kesatuan dalam sebuah bingkai perjanjian untuk menggapai tujuan yang sama.
Heterogenitas Penduduk telah Membentuk Masyarakat

Heterogenitas penduduk telah membentuk masyarakat. Masyarakat yang heterogen memiliki aturan yang mengikat, sebab heterogenitas rawan terhadap terjadinya konflik. Yang memperkuat terbentuknya masyarakat, karena sebab sama rasa. Ada sebuah penindasan yang sama-sama dirasakan atau ada sebuah tujuan yang perlu dilakukan secara bersama-sama. Jika, ikatan yang kuat dalam membentuk masyarakat di dalam penduduk yang beragam hilang, maka lambat laun masyarakat akan mengalami perpecahan. Atau membentuk masyarakat baru dengan heterogenitas yang lebih kecil.

Pada dasarkan akan semakin sulit mempersatuan orang-orang dalam heterogenitas yang tinggi. Dan sebaliknya, akan lebih mudah mempertahankan persatuan dalam heterogenitas yang kecil. Akan tetapi, bagi masyarakat yang berpikir modernis. Kemajemukan adalah keniscahyaan yang harus diperlihara, karena pada dasarnya manusia akan terus membutuhkan manusia lainnya. Kepentingan bersama bisa meredam perbedaan-perbedaan yang ada.

Negara Indonesia sendiri telah mencontohkan kepada dunia, sebagai negara yang berpenduduk sangat majemuk. Dari awal terbentuknya negara ini, keragaman menjadi kekuatan untuk bersatu melawan penjajahan. Hingga saat ini, heterogenitas terus masih terpelihara dengan baik. Yang itu, tidak bisa semua negara melakukannya. Salut dengan NKRI yang masih kokoh dengan keragamannya dalam merajut persatuan dan kesatuan bangsa.

0 Response to "Heterogenitas Penduduk telah Membentuk Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel