Inilah Cara Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis dan Menjadi Negosiator Ulung

Menjalankan bisnis tentu memiliki banyak partner yang terlibat langsung dalam keberhasilannya, seperti pemasok, produsen, distributor, konsumen, investor, dan pihak ke tiga lainnya. Pada posisi mana pun, pasti akan selalu melakukan negosiasi yang bertujuan mendapatkan kesepakatan terbaik untuk bisnis yang sedang dijalankan. Negosiasi yang dilakukan bisa dari yang ringan-ringan sampai kepada yang kompleksitivitasnya sangat besar. Dalam bahasa simpelnya, negosiasi dilakukan oleh 2 atau lebih yang saling berikatan dalam bisnis untuk melakukan transaksi yang bertujuan mencapai kepentingan dalam pihak bisnis yang dijalankan. Idealnya keputusan dari negosiasi itu mencari jalan tengah agar pihak-pihak yang bekerjasama saling menguntungkan. Bisa saja, salah satu pihak menang dalam segi keuntungan dari pihak lain dan itu wajar saja. Tapi yang terpenting, jangan sampai ada pihak yang dirugikan.
Inilah Cara Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis

Dalam setiap negosiasi yang terjadi, keidealan negosiasi dalam bisnis sangat jarang tercapai setiap pihak tentu ingin menang dalam hal mencapai kepentingannya. Memenangkan negosiasi dalam bisnis sangatlah penting, yang berarti keuntungan dengan berpihak kepada bisnis Anda. Dengan memenangkan negosiasi dalam bisnis, menjadi langkah awal perusahaan mencapai kesepakatan baik itu dengan klien atau konsumen yang menguntungkan. Untuk memenangkan sebuah negosiasi tentu perlu keahlian dan jam terbang yang sudah tidak diragukan lagi. Dengan menjadi negosiator ulung, perusahaan akan sangat diuntungkan, sehingga hal tersebut sangat mutlak harus ada pada perusahaan.

Seorang negosiator yang handal memiliki berbagai kemampuan, baik soft skill maupun hard skill. Prilakunya saja sudah bisa mempengaruhi lawan komunikasinya. Sopan dalam berbicara, kalimat yang digunakan sangat efektif, tidak memotong pembicaraan lawan bicara, kalimatnya menarik dan memiliki kekuatan untuk mengakhirinya dalam kerjasama. Berkaitan dengan hard skill, misalnya mampu memprediksi harga produk yang pas untuk pasar, sehingga produk laku di market dengan mudah.

Ada banyak cara memenangkan negosiasi dalam bisnis. Setidaknya ada 7 cara yang perlu dilakukan, supaya menang dari teman negosiasi, sebagai berikut:

1. Kuasi data

Dengan data yang lengkap, maka semua informasi telah Anda pegang. Sehingga, dengan data-data tersebut, teman negosiasi akan terperanjat dengan presentasi yang dilakukan. Hal ini sangat memperjelas tujuan dari negosiasi yang ditawarkan, sehingga lawan dari pihak lain menyepakati dari apa yang Anda sampaikan.

2. Melihat posisi tawar kedua belah pihak

Ukurlah posisi tawar Anda bagi lawan (klien atau konsumen), dan sebaliknya ukur juga posisi tawarkan di pihak mereka. Lihat dimana celah yang bisa diambil dari negosiasi yang dilakukan. Tentu jika Anda melihat bahwa sudah memiliki posisi tawar yang tinggi. Dengan mudah tentunya untuk memenangkan negosiasi tersebut. Tapi jika memiliki posisi tawar lebih rendah dari lawan negosiasi, maka lakukan strategi yang sebelumnya sudah dipersiapkan dengan matang. Misalnya, menawarkan plan tambahan yang dibutuhkan oleh lawan negosiasi.

3. Kejar target kepentingan perusahaan, namun jangan abaikan kepentingan pihak lain

Selalu bertahan supaya menang dalam negosiasi, merupakan salah satu ciri negosiator handal. Tapi, jika berakhir pada kesepakatan yang 'win-win solution, maka itu juga baik. Karena, kerjasama yang dilakukan bukan hanya jangka pendek saja, tapi ada capaian jangka panjangnya, sehingga jangan abaikan juga kepentingan pihak lain dan sangat ngotot hanya pada kepentingan pihaknya saja.

4. Fokus dan lihat pada persetujuan kecil dari lawan

Saat melakukan negosiasi, ada persetujuan kecil dari argumen yang Anda buat kepada lawan negosiasi. Perhatikanlah, fokus dan lihat setiap persetujuan kecil yang mereka setujui dari argumen/presentasi yang Anda lakukan. Bila Anda melihat persetujuan kecil tersebut selalu di-ok-kan, maka Andapun sudah siap untuk mendapatkan persetujuan yang lebih besar. Lanjutkan dengan melakukan langkah selanjutnya.

5. Menjadi pendengar yang baik dan memberi pertanyaan yang berkualitas

Menjadi pendengar yang baik merupakan kunci agar bisa membuat pertanyaan yang berkualitas. Berusahalah untuk tidak terlalu banyak berbicara, tapi fokus pada mendengar, lalu buat pertanyaan berkualitas. Setelah ada jawaban dari pertanyaan yang sudah dilontarkan, dengarkan baik-baik jawaban tersebut, kemudian respon balik dengan etika yang benar.

6. Buat sesuatu peluang yang langka

Menjadi negosiator harus cepat dalam segala hal, termasuk menangkap peluang yang mungkin hampir tertutup. Bisa saja peluang yang ditawarkan hanya dalam waktu terbatas, namun memiliki potensi yang sangat besar, yang membuat lawan negosiator tergiur dan takut kehilangan peluang yang langka tersebut. Rasa takut yang muncul membuat kesepakatan kerjasama diambil dengan segera. Hal itu juga akan membuat posisi Anda meningkat dalam negosiasi bisnis yang dilakukan.

Baca juga: Cara Membuat Kontrak Kerjasama Dalam Perusahaan

7. Selalu berlatih dan bersiap diri

Pengalaman merupakan guru kongkrit untuk menghadapi sesuatu hal semakin baik. Dalam negosiasi bisnis, seseorang yang sudah berpengalaman akan lebih mudah mempengaruhi pihak lawan. Pengalaman tentu didapatkan dari latihan-latihan yang terus menerus dilakukan. Semakin banyak berlatih, tentu Anda akan menjadi negosiator yang handal. Kemudian juga, selalu bersiap diri jika hendak melakukan negosiasi, supaya mendapatkan hasil yang terbaik.

0 Response to "Inilah Cara Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis dan Menjadi Negosiator Ulung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel