Maksud Sebuah Perencanaan Usaha Bersifat Prepare dan Fleksibel

Maksud Sebuah Perencanaan Usaha Bersifat Prepare dan Fleksibel
Menjalankan sebuah usaha harus dimulai dari perencanaan yang matang. Salah satunya dengan merencanakan usaha apa yang akan dijalankan. Jika usaha sudah memiliki perencanaan yang bagus, tentunya saat sudah berjalan usaha tidak akan menghianati hasil yang akan dicapai. Setiap usaha memiliki peluang besar untuk sukses, tapi juga tidak semua usaha memberikan kesuksesan bagi pelaku usahanya. Sehingga, sangat diperlukan prepare sebelum menjalankan usaha.

Selain dari prepare, usaha juga harus fleksibel. Jika ada yang harus berubah dari perencanaan yang sudah ada, maka haru dirubah demi kebaikan usaha yang dijalankan. Maksud sebuah perencanaan usaha bersifat prepare dan fleksibel adalah saat akan menjalankan usaha perlu perencanaan yang harus disiapkan terlebih dahulu sebagai pedoman atas segala aktivitas yang akan dijalankan yang disesuaikan dengan perubahan iklim bisnis yang ada di pasar.

Perencanaan memang wajib dilakukan sebagai fungsi dari manajemen usaha yang terkait pada pemilihan visi, misi, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program, dan anggaran. Sedangkan usaha merupakan aktivitas bisnis dalam memperoleh keuntungan. Sehingga perencanaan usaha itu mengarahkan pelakunya dalam memperoleh keuntungan melalui jalan yang benar, legal, dan sesuai aturan, serta visi misi yang telah dirancang.

Usaha yang sudah berjalan tentu sangat dipengaruhi faktor eksternal, misalnya daya beli masyarakat, teknologi, pesaing, dan kondisi tertentu lainnya. Itulah mengapa usaha bersifat fleksibel terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya akan lebih baik bagi usaha itu sendiri. Jangan bersifat kaku dalam menghadapi perubahan yang penuh dengan persaingan.

Perubahan yang terjadi harus ke arah yang lebih baik, jangan malah semakin memperburuk keadaan. Fleksibel itu penting terhadap 2 hal;
  1. Terhadap perubahan yang membawa usaha semakin menuju kesuksesan.
  2. Terhadap perubahan yang menekan keterpurukan.

0 Response to "Maksud Sebuah Perencanaan Usaha Bersifat Prepare dan Fleksibel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel