Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Brand Equity dan Keuntungannya

A. Pengertian Brand Equity (Ekuitas Merek)

Brand Equity adalah value yang terdapat pada sebuah merek produk yang menciptakan ketertarikan dan dorongan yang kuat kepada pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Tentu, para pelanggan lebih mempercayai produk terkenal daripada produk yang kurang dikenal. Terjadinya brand equity didasarkan pada kepuasan para penggunanya, serta kualitas yang terdapat pada produk tersebut.
Pengertian Brand Equity dan Keuntungannya

Ada banyak pengertian brand equity yang bisa dikutip dari para ahli. Diambil dari dua ahli, misalnya Prof. Kevin Lane Keller menyebutkan brand equity adalah keinginan dari seseorang untuk melanjutkan menggunakan suatu brand atau tidak. Dan dari Hermawan Kertajaya menyebutkan brand equity sebagai aset yang menciptakan value bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas. Investopedia merangkum ada 2 penekanan dari brand equity, yakni meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas. Brand equity atau bisa juga disebut dengan Ekuitas Merek, sangat relevan dengan tingkat penjualan sebuah produk.

B. Komponen Brand Equity

Ada 3 komponen yang terdapat pada brand equity, yaitu;
1. Persepsi Pelanggan
Persepsi pelanggan ini muncul dari pengetahuan dan pengalaman dari pelanggan terhadap produk yang dibelinya. Sebelum membeli, tentu informasi detail produk telah dibacanya dan juga telah mendapatkan testimoni dari berbagai pelanggan lain yang telah menggunakan produk tersebut, hal ini menjadi pengetahuan bagi pelanggan. Lalu, memutuskan membeli produk dan memperoleh pengalaman dari produk yang digunakan.

2. Penilaian Positif/Negatif
Dari penggunaan produk, akan langsung timbul penilaian terhadap produk tersebut. Apakah penilaiannya positif atau tidak? Jika penilaiannya positif, maka akan sangat menguntungkan bagi di penjual (perusahaan). Tapi, jika penilaiannya negatif, maka akan berdampak tidak bagus terhadap perusahaan, khususnya dari segi penjualan.

3. Value Penggunaan Produk
Dari penggunaan produk oleh pelanggan yang dinilai positif. Perusahaan pun akan mendapatkan nilai secara nyata berupa meningkatnya laba perusahaan.

Baca juga: Manfaat Internet Bagi Dunia Bisnis

C. Keuntungan Brand Equity

Tentu ada banyak sekali keuntungan dari brand equity, terutama bagi perusahaan. Bisa terlihat dengan jelas, perusahaan yang memiliki brand yang kuat, dapat terus eksis dalam memasarkan produknya di tengah-tengah persaingan yang ketat. Pada kesempatan ini, setidaknya ada tiga keuntungan yang diperoleh dari brand equity;
1. Memenangkan Persaingan dan Mendapatkan Pelanggan Loyal
Langsung pada contohnya saja, yaitu para pengguna smartphone. Saat ini merek yang terlaris dan menjadi idola para pencinta gadget adalah samsung dan iPhone. Padahal, banyak merek lain yang memiliki fitur yang sama, bahkan dengan harga lebih murah. Tapi, banyak orang tetap percaya dan loyal menggunakan merek samsung atau iPhone. Kenapa bisa begitu?

Ini karena adanya brand yang kuat yang sudah masuk dalam pikiran para pelanggan, bahwa merek ini sangat terperpercaya, produknya bagus, dan seterusnya. Jadi, perusahaan yang memiliki brand yang kuat, tidak akan khawatir terhadap pesaing yang semakin banyak bermunculan. Tetap saja, Ia akan memenangkan hati para pelanggan dengan brand yang kuat tersebut.

2. Tidak Masalah Menaikkan Harga
Bagi pemilik brand yang kuat, tidak akan takut pelanggan lari karena menaikkan harga. Sudah ada trust di hati para konsumen yang akan mengesampingkan harga dan mengutamakan merek. Lihat saja brand produk yang terkenal, semuanya lebih mahal dari merek yang lain. Dan harga yang lebih mahal itupun tidak menjadi masalah dalam memasarkan produk kepada pelanggan.

3. Menciptkan Diferensiasi Produk
Dengan melakukan sebuah rancangan terhadap produk yang akan membedakan dengan para pesaing, maka perusahaan akan semakin menguasai pasar dan pesaingpun akan tersingkir. Dengan diferensiasi juga meningkatkan penjualan, karena para pelanggan ingin membeli produk yang berbeda atau sedang melakukan updating dari produk yang lama.

Tergambarkan begitu luar biasanya brand equity ini. Oleh sebab itu, jika tidak ingin tergilas dengan para pesaing, maka mulailah membangun brand yang kuat. Apakah dengan melakukan aktivitas marketing yang bervariasi, memperbanyak jaringan atau membuat event-event.

Baca juga: 18 Cara Sukses Dalam Membangun Usaha Baru

Post a Comment for "Pengertian Brand Equity dan Keuntungannya"