Pengertian Kriminologi Menurut Para Ahli

Dalam keseharian sering mendengar kata kriminal yang disampaikan secara langsung oleh orang atau media masa secara online maupun online. Banyak tindak kriminal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai alasan yang menjadi sebab seseorang perbuat demikian. Tindakan kriminal itu contohnya melakukan pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, korupsi, menjual obat-obat haram, memperdagangkan manusia, premanisme, dan banyak lagi yang bisa dijadikan sebagai contohnya.
Pengertian Kriminologi Menurut Para Ahli

Jika kata kriminal sudah tidak asing, bagaimana dengan kata kriminologi? Apakah Anda tahu pengertiannya?

Pengertian Kriminologi Menurut Para Ahli

Kriminologi, berasal dari 2 kata; Crimen dan Logos. Crimen berarti kejahatan, sedangkan logos berarti ilmu. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Pengertian kriminologi adalah ilmu yang mempelajari tindak kriminal dan kejahatan di kehidupan masyarakat.

Berikut ini juga pengertian kriminologi yang disampaikan oleh para ahli dilansir dari wikipedia;

1. W.A Bonger: Kriminologi merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk menyelidiki gejala kejahatan secara luas.

2. Sutherland: Kriminologi merupakan segala ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan tindakan kejahatan akibat dari gejala sosial dan terdiri dari proses-proses perbuatan hukum, pelanggaran hukum dan reaksi terhadap pelanggaran hukum tersebut.

3. Wood: Kriminologi merupakan segala ilmu pengetahuan yang didapat berdasarkan teori atau pengalaman yang berhubungan dengan tindakan yang jahat dan penjahat dan mencakup di dalamnya reaksi dari masyarakat atas perbuatan jahat dan para penjahat.

4. Noach: Kriminologi merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan tindak kejahatan dan perbuatan tercela yang melibatkan orang-orang dalam perilaku jahat dan prilaku tercela tersebut.

5.Walter Reckless: Kriminologi merupakan pemahaman terhadap ketertiban individu dalam tingkah laku delinkuen dan tingkah laku jahat dan pemahaman bekerjanya sistem peradilan pidana.

0 Response to "Pengertian Kriminologi Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel