Pengertian Revolusi Bumi dan Akibat Revolusi Bumi yang Terjadi

Pengertian Revolusi Bumi

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari yang terjadi akibat gaya gravitasi matahari dan bumi yang saling tarik menarik dengan satu kali bumi mengelilingi matahari memerlukan waktu 365¼ hari. Revolusi bumi ini dijadikan sebagai patokan penanggalan masehi. Saat bumi beredar mengelilingi matahari, saat itu pula Ia ber-rotasi (berputar) yang berosilasi dengan kemiringan 23,50 derajat terhadap matahari. Kemiringan tersebut diukur melalui garis imajiner antara kutub utara dan selatan yang dinamakan dengan garis khatulistiwa.
Pengertian Revolusi Bumi dan Akibat Revolusi Bumi yang Terjadi

Bumi yang mengelilingi matahari dengan jalur melingkar tersebut selama setahun adalah 365,2425 hari tidak pas gerakan bumi pada sumbunya. Ini yang mengakibatkan munculnya tahun kabisat setiap 4 tahunnya, kecuali saat hitungan 100 yang bisa dibagi dengan 400.

Akibat Revolusi Bumi

Revolusi bumi mengakibatkan terjadinya berbagai peristiwa, termasuk akibat revolusi bumi terhadap matahari. Berikut ini beberapa akibat revolusi bumi yang terjadi;

1. Gerak Semu Matahari

Gerak semu matahari dimaksudkan berubah-ubahnya posisi matahari disebabkan pergerakan yang terjadi. Nama lain yang bisa disebut juga dengan gerak semu tahunan matahari. Sebenarnya perpindahan matahari bukanlah akibat bergeraknya matahari itu sendiri, melainkan gerakan bumi yang melakukan revolusi pada sumbu rotasi yang miring. Gerak semu ini terjadi tahunan bisa dilihat dari perubahan yang terjadi pada matahari pada tanggal 22 Desember-21 Juni yang bergeser ke arah belahan bumi utara, sedangkan pada tanggal 21 Juni-21 Desember matahari bergeser ke arah belahan bumi selatan.

2. Perbedaan Waktu antara Siang dan Malam

Revolusi bumi juga mengakibatkan perbedaan waktu antara siang dan malam. Sebenarnya perubahan siang dan malam diakibatkan oleh rotasi bumi, akan tetapi revolusi bumi juga mempengaruhinya. Jadi, perbedan waktu siang dan malam merupakan kombinasi antara revolusi dan rotasi bumi.

3. Perbedaan Musim

Revolusi bumi memang mengakibatkan terjadinya perubahan musim di bumi. Revolusi bumi tersebut akan mengakibatkan perbedaan sinar matahari yang mengenai setiap bagian dari bumi sehingga terjadilah perbedaan musim, yaitu; musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi.

4. Rasi Bintang Kelihatan Berubah Posisi Setiap Bulannya

Jelas, rasi bintang kelihatan berubah posisi setiap bulannya karena revolusi bumi. Hal sederhananya seperti mengamati suatu benda dari tempat yang bergerak.

5. Munculnya Kalender Masehi

Revolusi bumi juga mengakibatkan munculnya kalender masehi yang saat ini digunakan di semua negara. Perhitungan dari penanggalannya mengacu pada periode satu tahun (waktu lamanya revolusi bumi).

Itulah beberapa peristiwa yang terjadi akibat revolusi bumi. Tentunya revolusi bumi sangat mempengaruhi terhadap keberlangsungan hidup semua makhluk yang berada di bumi.

0 Response to "Pengertian Revolusi Bumi dan Akibat Revolusi Bumi yang Terjadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel