Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapakah yang Bertanggung Jawab Terhadap Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia

Siapakah yang Bertanggung Jawab Terhadap Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia
Pada perubahan UUD '45 sangat menjelaskan berkaitan dengan sistem pertahanan dan keamanan. Pada pasal 30 ayat 1-5 UUD '45, secara tegas menyatakan;
  1. Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
  2. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Indonesia Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.
  3. Tentara Nasional Indonesia terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara sebagai alat negara bertugas mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara.
  4. Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.
  5. Susunan dan kedudukan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, hubungan kewenangan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia di dalam menjalankan tugasnya, syarat-syarat keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan dan keamanan diatur dengan undang-undang.
Pada isi pasal di atas merupakan pernyataan yang tegas terhadap usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia adalah tanggung jawab seluruh Warga Negara Indonesia. Jadi, semua warga negara Indonesia wajib menjaga pertahanan dan keamanan negaranya. Tanggung jawab tersebut bukan hanya di bebankan kepada TNI dan POLRI atau Mentri pertahanan saja. Melainkan juga kepada warga sipil tanpa terkecuali. 

TNI, POLRI, Mentri Pertahanan merupakan bagian dari warga negara Indonesia, yang memiliki tugas dalam pertahanan dan keamanan. Mereka bekerja dalam menjalankan tugasnya, sementara warga yang lain harus juga siap sedia jika ada gangguan terhadap pertahanan dan keamanan negara untuk ikut andil di dalamnya. 

Sejarah Indonesia dalam kemerdekaannya, rakyatlah yang paling berperan dengan komando-komando para tokoh bangsa. Seluruh warga negara Indonesia telah mewarnai perjuangan merebut kemerdekaan dengan nyawa, tenaga dan harta mereka. Itulah generasi terdahulu, dan perjuangan tersebut terus akan diwarisi sampai generasi berikutnya sebagai semangat dalam mempertahankan dan mengamankan dari serangan negara luar atau kelompok internal yang ingin mengacau bangsa. 

Post a Comment for "Siapakah yang Bertanggung Jawab Terhadap Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia"