Tujuan Desain dan Kemasan Produk

Menjalankan usaha yang menjual produk tujuan utamanya agar banyak diminati para pelanggan. Produk yang telah diminati akan menembus tingkat penjualan yang tinggi, sehingga keuntungan semakin besar didapatkan. Dalam mempromosikan sebuah produk, ternyata bukan saja isinya yang harus diperhatikan. Tapi juga desain dan kemasan produk ikut serta membuat daya tarik dan mendorong konsumen untuk membelinya. Dengan desain dan kemasan yang pas, membuat isi produk terkesan mewah dan semakin membuat para pelanggan jatuh hati. Ibarat kata 'lihat luarnya saya sudah tertarik, apalagi dalamnya'.
Tujuan Desain dan Kemasan Produk

Ternyata membuat desain dan kemasan produk tidaklah mudah. Terkadang terjadinya matching mungkin karena kebetulan. Banyak jasa desain yang juga sulit mendapatkan inspirasi untuk membuat desain yang cocok. Namun, setelah jadi, Ia pun merasa kagum sendiri dengan desain yang tidak disangka-sangka sangat cocok dan membuat daya tarik yang kuat. Dengan desain dan kemasan produk yang bagus, merupakan salah satu cara memenangkan persaingan dan memikat hati pelanggan.

Ketepatan kategori, penyesuaian, pengalaman konsumen, fungsi, penampilan estetika, daya tarik bagi konsumen (bukan daya beli masyarakat), inovasi dan  hak milik merek merupakan poin pokok dalam tujuan desain dan kemasan produk. Desain dengan nuansa fresh pada merek minuman lebih disukai para konsumen. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan 80% produk yang dipegang oleh pelanggan, kemungkinan besar akan dibeli. Daya tarik seseorang untuk melihat dan memegang sebuah produk, awalnya tentu terletak pada desain dan kemasannya, kemudian pada isinya setelah dikonsumsi.

Dengan pendekatan desain yang fresh, kekinian, dan dinamis akan membuat daya tarik dari konsumen sebagai sebuah merek yang multi nasional yang menunjukkan kepribadian dari produk yang dijual kepada konsumen. Untuk kemasan sendiri memiliki fungsi tidak hanya sebagai pembungkus saja, seperti yang dikatakan Winardi (1993) terkait fungsi kemasan itu ada 3;
  1. Untuk melindungi produk yang bersangkutan terhadap kerusakan-kerusakan dari saat di produksinya sampai saat produk tersebut di konsumsi.
  2. Untuk memudahkan pengerjaan dan penyimpanan produk-produk tersebut. Oleh para perantara dan para konsumen.
  3. Memudahkan menjual produk yang bersangkutan.
Desain dan kemasan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kecocokan desain itu ada pada bungkusnya, dan sebaliknya kemasan yang sesuai dengan isi produk dengan desain yang tepat, maka membuat produk tersebut memiliki daya tarik yang kuat dan memberi kesan profesionalitas yang tingga . Secara umum tujuan desain dan kemasan produk dapat dilihat pada uraian di bawah ini:
  • Memperlihatkan atribut unik pada produk yang dimiliki
  • Memperkuat daya tarik secara estetika dan value produk
  • Mempertahankan keselarasan dalam satu kesatuan merek produk
  • Memperkuat perbedaan antara variasi produk dan lini produk
  • Mengembangkan variasi dari bentuk kemasan yang disesuaikan dengan kategorinya. 
  • Penggunaan material kemasan yang disesuaikan dengan isi produk yang akan dijual, dalam rangka menghemat biaya, inovasi, ramah lingkungan, aman digunakan, dan fungsionalitas yang ditingkatkan.
  • Mendapatkan value dari konsumen sebagai wujud keberadaan produk. 
  • Mencapai citra produk yang akan Re-branding 
Kondisi dan permintaan terus akan berubah-rubah, sehingga idealnya desain dan kemasan perlu dievaluasi secara berkala. Misalnya saja dievaluasi selama setahun berjalan, apakah sukses atau tidak. Jika sukses, jangan biarkan desain dan kemasan seperti itu saja, ambil tindakan untuk meng-inovasinya kembali yang bertujuan untuk menyegarkan pandangan dan pikiran pelanggan. Namun, jangan merubah secara keseluruhan, yang mungkin ada elemen-elemen dari desain dan kemasan yang lama yang menjadi ingatan kuat di mata konsumen. Lakukan perubahan secara berkala saja, sedikit demi sedikit. 

Bila pada kemasan dianggap tidak sukses, tidak seperti pada desain yang di inovasi secara bertahap. Untuk kemasannya, bisa di ganti secara total keseluruhan, lalu diinfokan kepada pelanggan melalui promo atau media iklan online/offline. 

Ingatlah!, desain dan kemasan produk memiliki peranan penting dalam kesuksesan pemasaran produk. Sehingga perlu persiapan yang sebaik mungkin dan dikerjakan dengan totalitas. Walaupun desain dan kemasan bukanlah hal yang membuat keberhasilan produk 100%. Namun, nyatanya desain dan kemasan menjadi pandangan pertama yang membuat ketertarikan dari konsumen. 

0 Response to "Tujuan Desain dan Kemasan Produk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel