Usaha Guru untuk Mengenali dan Mengembangkan Bakat Peserta Didik

Profesi guru mengembang tugas yang cukup sulit, tapi sangat mulia. Tugas sebagai guru sangat banyak sekali, yang salah satunya memiliki peran dalam perkembangan peserta didik/siswanya pada pengetahuan, karakter dan emosionalnya. Dikatakan guru yang sukses, tentu indikatornya adalah perubahan (perkembangan) pada siswanya, yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan yang awalnya tidak bisa menjadi bisa.
Usaha Guru untuk Mengenali dan Mengembangkan Bakat Peserta Didik

Setiap siswa memiliki kecerdasan yang tinggi, namun memiliki bakat yang berbeda-beda. Bakat tersebut mempengaruhi tingkat semangat dan kesungguhan seorang siswa untuk belajar. Bakat merupakan kemampuan terpendam di dalam diri siswa yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan dan dilatih supaya mencapai maksimal dalam kecakapan, pengetahuan atau keterampilan khusus. Ada seorang siswa yang berbakat dalam musik akan lebih mudah diajarkan daripada siswa yang tidak memiliki bakat dalam musik.

Seorang psikolog populer, Abraham Maslow mendapatkan setiap orang punya potensi terpendam yang suatu saat akan muncul dan akan menjadi kebutuhan, serta harus mendapatkan perhatian serius. Bakat tersebut jangan diremehkan, sebab sangat signifikan dengan perkembangan anak. Sebagai seorang guru juga harus tahu bakat yang terpendam pada siswanya. Sehingga, sang guru dapat mengarahkan bakat tersebut dengan baik demi masa depannya. Oleh sebab itu, usaha guru untuk mengenali dan mengembangkan bakat peserta didik menjadi tanggung jawab yang harus dijalankan dan terlihat dalam aspek berikut ini;

1. Memberikan Perhatian Terhadap Bakat Peserta Didik

Setiap peserta didik memiliki bakat yang berbeda-beda dan setiap bakat harus diperhatikan secara khusus. Di kelas dengan pola penyeragaman memang agak sulit memberikan perhatian secara fokus. Seorang guru hanya perlu melihat potensi siswa saja, untuk aksi lebih lanjut bisa dibantu orang tua siswa dalam pengembangannya.

2. Memotivasi Siswa agar Berpikir Positif pada Bakat yang Dimilikinya

Setelah guru mengetahui bakat pada peserta didik, guru harus mendorong siswanya dan memberikan semangat yang positif bahwa bakatnya harus terus dikembangkan dan bakat tersebut dapat membawa kepada kesuksesan di masa depan.

3. Memberikan Pengetahuan, Wawasan, Pengalaman terkait Bakat yang Dimiliki

Peserta didik harus diperkaya dengan pengetahuan dan wawasan, serta praktek langsung terkait bakat yang dimilikinya sehingga benar-benar bisa menjadi seorang yang ahli suatu saat. Seorang guru bisa menerapkan aktivitas sesuai bakat siswanya dan itu akan ditiru, serta baik dalam pengembangan bakatnya.

4.  Memberikan Ruang Pelatihan Pengembangan Bakat

Bakat terpendam yang hebatpun tidak akan keluar dengan maksimal, jika tidak ada tempat menyalurkannya. Usaha guru dalam mencari wadah penyaluran bakat perlu dilakukan, supaya bakat yang dimiliki terhenti. Tidak hanya fasilitas yang ada di sekolah, peserta didik pun boleh diperkenankan untuk mengikuti kegiatan yang mengembangkan bakatnya di luar sekolah.

5. Lingkungan yang Positif dan Banyak Tokoh Inspiratif

Lingkungan tempat tinggal siswa yang baik akan mempengaruhi perkembangan bakatnya dengan baik. Apalagi lingkungan tersebut memiliki program yang menunjang potensi anak-anak yang berada disana. Tidak hanya lingkungan saja, keberadaan sosok (tokoh) masyarakat yang menjadi inspirasi akan memberikan motivasi yang kuat di dalam diri siswa.

6. Memberikan Reward terhadap Usaha Siswa

Dalam mengembangkan bakat, seorang siswa perlu melakukan berbagai usaha. Kerap kali juga usaha yang dilakukan mungkin dianggap kurang maksimal oleh guru. Tapi guru harus memberikan reward, walau hanya sekedar kata-kata. Reward tersebut akan memperngaruhi batinnya dan itu mendorong dirinya semakin berusaha dengan maksimal.

7. Dukungan terhadap Pengembangan Bakat

Setiap bakat tentu baik jika dikembangkan dengan baik. Mungkin orang tua atau guru enggan mengembangkan bakat yang dimiliki siswanya. Dengan berbagai alasan, salah satunya orang tua menginginkan anaknya sukses mengikuti dirinya atau seorang guru khawatir dengan nasib siswa tersebut dengan bakat yang dimiliki tidak banyak pekerjaan yang sesuai dengan bakat tersebut.

Alasan ini dan itu jauhkanlah dari pikiran untuk pengembangan bakat. Yang terpenting dukungan terhadap bakat yang ada, soal apa yang akan terjadi ke depan hiraukan terlebih dahulu. Yakinlah bakat yang terus dikembangkan sampai pada titik maksimal akan sangat berguna, terkhusus untuk pemilik bakat tersebut.

8. Menjalin Kerjasama antara Guru dengan Orang Tua 

Perlu perhatian bagi guru dan orang tua terkait bakat yang dimiliki siswa. Kerjasama yang dilakukan akan menjadi kontrol pengembangan bakat, baik saat berada di lingkungan sekolah maunpun rumah.

9. Lakukan Kompetisi Antar Bakat

Guru yang melihat siswa dengan bakat yang sama, bisa langsung melatihnya secara bersamaan. Lalu mempertandingkan bakat yang sama tersebut. Bahkan bakat tersebut dapat di kuatkan lagi dengan mengikuti kompetisi baik di sekolah, daerah, bahkan propinsi.

Baca juga: 5 Trik Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Hobi

0 Response to "Usaha Guru untuk Mengenali dan Mengembangkan Bakat Peserta Didik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel