Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Hidup di Desa sepertinya lebih sulit mencari uang bila di bandingkan dengan di kota. Ini wajar, sebab aliran uang memang banyak berada di kota. Tapi, tinggal di desa bisa memanfaatkan lingkungan atau alam untuk menghemat pengeluaran biaya kehidupan. Ada banyak yang bisa dilakukan di desa yang itu tidak bisa dilakukan di kota. Misalnya saja, menaman sayuran, berternak ikan, dan berkebun sawit. Aktivitas tersebut lebih leluasa bila dikerjakan di Desa, bila dibandingkan dengan kota.
Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Umumnya hidup di desa, para suami yang bekerja mencari nafkah. Sedangkan istrinya bekerja sebagai ibu rumah tangga. Sebenarnya, desa memiliki banyak potensi pekerjaan yang bisa dilakukan, termasuk oleh ibu rumah tangga. Pekerjaan itu tentu bisa dikerjakan di rumah atau di persekitarannya, sambil mengurus anak-anaknya.

Di bawah ini, daftar usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga di desa, yang bisa menjadi pilihan untuk digeluti dalam rangka menambah pendapatan atau membantu suami;

1. Bercocok Tanam (Sayuran dan buah-buahan) untuk Dijual

Di Desa biasanya masih banyak lahan kosong yang bisa digarap untuk bercocok tanam. Bercocok tanam dapat dilakukan di pekarangan rumah yang kosong dan hasilnya dapat dijual di kedai atau pasar. Tanaman yang memiliki potensi dijadikan usaha yang cocok, biasanya seperti; bayam, kangkung, pepaya, dan lain sebagainya.

2. Berternak Ayam, Kambing, atau Lembu

Bertenak juga sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Misalnya saja kambing yang mudah memeliharanya dan gratis pakannya. Awalnya tentu belilah kambing sepasang (jantan dan betina). Dengan begitu, kambing akan terus berkembangbiak dan siap untuk dijual.

Sebagai ibu rumah tangga pun, dalam mengurus anak-anak tidak akan terbengkalai. Saat mengembala kambing, anak-anak bisa diajak bersama-sama dan ibu bisa sambil mengurus anak-anaknya. Bahkan usaha rumahan berternak kambing ini bisa mendidik anak-anak berkasih sayang dengan hewan, melatih menjadi seorang pemimpin, dan cerdas dalam bisnis.

Untuk usaha rumahan seperti berternak ayam atau lembu, hampir sama dengan kambing. Ini hanya pilihan saja, mana yang cocok bagi Anda untuk dijalankan.

3. Beternak Ikan

Biasanya di desa banyak kolam-kolam yang nganggur tidak terpakai dan itu bisa dimanfaatkan untuk berternak ikan. Bisa ikan lele, gurami, nila, mujahir, emas, dan lain sebagainya. Dan untuk pakannya, banyak alternatif yang bisa dicari di desa. Misalnya saja, ikan gurami. Untuk menghemat pengeluaran biaya pakannya, bisa memberinya dengan daun dan batang keladi.

4. Jual Gorengan

Penikmat gorengan tentu di semua orang, tidak terkecuali penduduk yang berada di desa. Jadi usaha jual gorengan cocok untuk dijadikan usaha bagi ibu rumah tangga dan lagian juga, modal yang diperlukan tergolong kecil.

5. Jasa Jahit Pakaian

Membuka jasa menjahit pakaian modal utamanya memiliki mesin jahit. Jika Anda punya keahlian dalam menjahit, itu menjadi sebuah kesempatan untuk dijadikan sebagai usaha rumahan. Jahitan baju hasilnya bisa berupa pakaian jadi, memodifikasi pakaian, memperbaiki pakaian yang rusak, bahkan Anda bisa mengerjakan tempahan pakaian sesuai dengan orderan pelanggan.

6. Jasa Tukang Pijit (Kusuk)

Saat ini sudah jarang ditemukan tukang pijit (kusuk), termasuk di daerah desa. Sudah sangat langka orang menggeluti pekerjaan tersebut. Seharusnya itu menjadi potensi yang bagus untuk dijadikan sebagai usaha. Dengan rutinitas pekerjaan orang-orang di desa, pastilah mereka merasa capek dan pegal-pegal di badan, karena beraktivitas seharian. Tapi, ketika mereka ingin merefreshkan kembali badannya sudah menemukan jasa tukang pijit. Ini menjadi kesempatan yang bagus jika ingin menggeluti pekerjaan tersebut. Anda bahkan bisa melakukannya di rumah, karena pelanggan bisa datang ke rumah Anda secara langsung.

7. Berjualan Busana Wanita (Anak hingga Dewasa)

Berjualan busana wanita mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga cocok sebagai usaha rumahan bagi ibu rumah tangga. Apalagi jika jarak tempuh ke kota cukup jauh, dengan begitu orang-orang di desa akan membelinya kepada Anda.

8. Menjadi Youtuber

Teknologi saat ini memberikan ruang terbuka kepada dunia tanpa batas. Anda bisa berkreativitas dengan menjadi seorang youtuber. Dengan menggunakan kamera dan aplikasi editing, banyak hal bisa dibagikan melalui akun channel yang Anda buat. Menjadi youtuber juga memiliki potensi besar mendapatkan pundi-pundi penghasilan. Anda bahkan bisa menjadikan desa sebagai bahan untuk disajikan kepada dunia.

9. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi blogger hampir sama dengan youtuber, dari segi meraup keuntungan. Bedanya jika menjadi blogger, konten yang disajikan dalam bentuk tulisan.

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan 2020 Menguntungkan dan Patut Dicoba Berkaitan dengan Bisnis Digital dan Internet Marketing

10. Menjadi Guru Ngaji

Membuka jasa sebagai guru ngaji cukup diminati di desa. Anak-anak di desa selalu diperintah oleh orang tuanya untuk bisa membaca Alqur'an. Pekerjaan sebagai guru ngaji tergolong cukup mudah, apalagi yang diajarkan masih pada tingkat anak-anak saja.

11. Membuka Warung Belanjaan (Kedai Sayuran)

Membuka warung belanjaan sangat memiliki peluang meraup keuntungan yang lumayan dan pastinya para ibu-ibu akan membeli setiap hari untuk keperluan memasaknya di dapur. Banyak kita lihat orang yang sukses dengan membuka kedai sayuran. Tapi, perlu juga diperhatikan jumlah orang yang sudah membuka warung tersebut. Jangan, sampai ketika membuka kedai saat banyak pesaing yang sudah eksis duluan, sementara orang yang belanja tetap sama jumlahnya.

Itulah beberapa usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga yang tinggal di desa. Mungkin, salah satu dari beberapa usaha yang telah tercantum di atas, sesuai dengan keinginan Anda.

0 Response to "Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga di Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel