Inilah Perbedaan PDP dan ODP

ODP dan PDP adalah singkatan terkait dengan virus (saat ini sedang marak penyebaran virus corona) terhadap seseorang. ODP dan PDP merupakan status yang dilabelkan kepada seseorang yang belum positif terkena virus corona.
Inilah Perbedaan PDP dan ODP

Beda ODP dan PDP sederhananya terletak pada gejala virus yang diderita dan riwayat seseorang dalam melakukan perjalanan. Untuk lebih detail, inilah perbedaan DPD dan ODP yang perlu Anda diketahui

A. ODP

ODP singkatan dari Orang Dalam Pemantauan. Orang dalam pemantauan tersebut belum memberikan tanda-tanda bahwa dirinya terinfeksi virus corona. Tapi dalam riwayat perjalanannya, Ia pernah berkunjung di daerah atau negara yang terjangkit wabah tersebut. Sehingga, perlu dilakukan pemantauan. Atau dalam aktivitas kehidupannya, Ia pernah kontak dengan penderita virus corona.

Karena masih berstatus OPD, belum dilakukan isolasi dari lembaga kesehatan. Namun, sebaiknya orang yang sudah OPD, lebih baik mengisolasi diri dan menjaga jarak interaksi dengan orang lain. Kemungkinan-kemungkinan sudah ada virus corona yang masuk bisa saja terjadi dan segeralah lakukan pemeriksaan walau belum ada tanda-tanda gejala virus corona.

B. PDP

PDP singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan. Pasien dalam pengawasan berarti sudah menunjukkan gejala-gejala virus corona, seperti batuk, filek dan bernafas sedikit sesak. Seseorang berstatus PDP belum dinyatakan positif terkena virus corona, akan tetapi sudah mendapat perawatan dari tim medis.

Penyebaran COVID-19 ini sangatlah cepat, bahkan tanpa ada gejala sama sekali ternyata sudah positif terinfeksi. Dengan demikian, cek trackting sangat harus dilakukan, demi melihat orang-orang yang kemungkinan sudah terkena. Dan setiap orang juga harus sadar memeriksakan dirinya masing-masing, apakah terjangkit atau tidak? Kemudian, secara terbuka menginformasikannya kepada publik, jangan sebaliknya dengan pura-pura tidak peduli sementara Ia bisa menularkan kepada yang lain.

Baca juga: Ciri-Ciri Terkena Virus Corona dan Gejala Virus Corana Terhadap Orang yang Terinfeksi

Untuk mengantisipasi, baik PDP dan ODP sebaiknya langsung mengisolasikan dirinya sembari menunggu hasil pemeriksaan.

0 Response to "Inilah Perbedaan PDP dan ODP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel