Metode Pembayaran Iklan Cost Per Interaction

Pendapatan utama seorang blogger  biasanya melalui iklan. Dengan mendaftar ke jaringan periklanan pihak ketiga, maka berhak menayangkan iklan dari jaringan tersebut ke blog yang dimiliki. Tayangan iklan yang tampil di blog berbeda-beda metode perhitungannya yang akan menjadi penghasilan seorang publisher. Ada dengan metode pembayaran CPC, CPM, CPA, dan CPI.
Metode Pembayaran Iklan Cost Per Interaction

Metode pembayaran penayang iklan biasanya menggunakan CPC dan CPM. CPC (Cost per Click) merupakan metode perhitungan pendapatan iklan ketika iklan di klik. Sedangkan CPM (Cost per Mile) atau sering disebut pembayaran per seribu tayang merupakan metode perhitungan pendapatan iklan dari bannyaknya iklan tampil dibagi 1000 tayangan.

Sebagai contoh CPC, pihak ketiga memberikan iklan dengan harga per klik = Rp. 1.000,-, maka jika dalam sehari mendapatkan rata-rata 100 klik, maka 100 x 1.000 = Rp. 100.000,-/hari. Harga klik setiap iklan juga berbeda-beda. Semakin banyak jumlah klik tentu sangat signifikan dengan hasil yang didapatkan.

Contoh dari CPM, harga iklan per seribu tayang adalah Rp. 2.000,-. Bila blog Anda menayangkan iklan dalam sehari sebesar 10K, maka pendapatan sebesar 10K : 1K x 2K = Rp. 20.000,-. Jika penayangan hanya 500 view saja, maka 500 : 1K x 2K = Rp. 1.000,-.

Baca juga: Bukti Pembayaran a-ads 2016 bulan Nopember

Jika pernah mendengar Cost per Impression, itu hampir sama perhitungannya dengan CPM. Bedanya di cost per impression menghitung setiap view, bukan mematokan per seribu tayang, namun biasanya hasilnya mirip-mirip juga. Nah, bagaimana dengan metode pembayaran iklan cost per interaction? singkatannya juga CPI, tapi beda perhitungannya dengan metode CPM.

Metode pembayaran iklan cost per interaction maksudnya pendapatan terhitung ketika ada interaksi yang terjadi dari pengunjung terhadap iklan tersebut. Biasanya, bentuk iklan jenis ini berupa video, permainan, atau konten yang mengharuskan adanya tindakan/interaksi sesuai permintaan advertser.

Contoh dari iklan cost per interaction, misalnya iklan pemasar yang mengharuskan pengunjung untuk melakukan register. Ketika ada pengunjung yang melakukan tindakan register tersebut, maka pendapatan terhitung. Iklan jenis CPI ini biasanya memang lebih mahal dibandingkan dengan CPM, bahkan iklan jenis CPC. Akan tetapi, untuk mendapatkan interaksi dari pengunjung memang agak sulit. 

0 Response to "Metode Pembayaran Iklan Cost Per Interaction"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel