3 Cara Bikin Konten Youtube Dapat Uang

Cara dapat uang di youtube mungkin jadi bahasan yang sudah umum. Berkembangnya sosial media, semua orang sudah tidak asing dengan youtube. Yang emak-emak dikampung pun waktunya disisikan untuk nonton video-video di youtube. Banyak hal yang bisa dicari dari youtube, mulai dari tutorial memasak, video-video edukasi, berita, tempat-tempat wisata, dan lain sebagainya.

Cara bikin konten youtube dapat uang tergantung pada persiapan youtuber itu sendiri. Masing-masing youtuber punya penyajian yang berbeda dan hal itu yang membuat youtube semakin digandrungi banyak orang. Keragaman topik video-video youtube yang ada memberikan manfaat bagi banyak orang sesuai dengan kebutuhannya. 


Setiap youtuber bikin konten tentu disesuaikan dengan keahliannya dan peralatan yang tersedia untuk menjadi creator konten video. Yang pasti jika videonya sesuai dengan aturan monetisasi, channelnya memiliki banyak subscribers, dan penyajian video yang berkualitas, unik, serta menarik sehingga mendorong penggunanya menontonya, jelas akan dapat uang yang melimpah.

Dalam menyajikan video sebaiknya juga memfokuskan pada satu topik, sehingga membuat brand awareness nya semakin kuat. Hal itu tentunya harus dipikirkan dari awal sejak akan membuat channel youtube. Misalnya tentang edukasi, kecantikan, kuliner, teknologi, game, hiburan, atapun tutorial blogging. Pilihlah salah satu topik yang benar-benar dikuasai agar penyajian konten videonya benar-benar menarik dan berkualitas.

Ingin tahu lebih lanjut 3 cara bikin konten youtube dapat uang, baca ulasannya berikut ini:

1. Monetisasi Channel Youtube dengan Adsense

Salah satu cara bikin konten youtube dapat uang dengan memonetisasi layanan iklan seperti google adsense. Google adsense telah terbukti menjadi penyedia jasa periklanan nomor satu yang memberikan kesuksesan kepada para youtuber. Sudah banyak youtuber yang menjadi milyaner dengan ikut serta sebagai publisher adsense.

Channel yang sudah dibuat, lalu upload video original nan menarik agar videonya ditonton banyak orang, sehingga subscriber pun bertambah dari waktu ke waktu. Memonetisasi channel youtube agar dapat menayangkan iklan dari pihak google adsense harus terlebih dahulu memenuhi syarat pengajuan. Mulai Oktober 2019 ada beberapa persyaratan bagi youtuber untuk mengajukan monetisasi, yakni:
  • Video original / tidak copyright.
  • Berada di negara yang disetujui untuk mengikuti Program Partner Youtube.
  • Sudah memperoleh 4.000 jam tayang ditonton oleh publik dalm waktu 12 bulan terakhir.
  • Minimal sudah memiliki 1.000 subscribers, jika lebih semakin bagus.
  • Menautkan youtube ke akun adsense
Itulah ketentuan yang harus dilengkapi youtuber sebagai syarat untuk mengajukan program penayangan dari pihak google adsense. Saat ini persetujuan semakin ketat, karena pihak youtube harus memastikan keaslian konten dan kualitas dari setiap video yang diunggah ke channel. 

Jika pengajuan disetujui, maka channel sudah siap menjadi ladang uang bagi Anda. Tahap selanjutnya, teruslah meng-update video terbaru agar viewer semakin banyak dan subscribers juga semakin bertambah. Fokuslah pada satu niche konten video agar channel lebih terarah dan menciptakan branding kuat bagi penonton.  

Bila ingin membuat topik yang lain, sebaiknya buat channel baru saja. Gunakan channel utama yang sudah populer untuk mempromosikan channel baru tersebut. Cara tersebut sangat efektif mempercepat channel baru untuk mendapatkan viewers sekaligus subscribers.

2. Dapat Uang melalui Youtube Premium
youtube premium

Bagi user youtube yang ingin nonton video tanpa youtuber bisa berlangganan youtube premium. Pengguna yang berlanggan youtube premium juga dapat mendownload video secara offline. Untuk youtubers jangan khawatir, walau video dari channel Anda tidak menampilkan iklan saat ditonton oleh user yang menggunakan youtube premium, Anda tetap memperoleh uang. Sebab berlangganan youtube premiun dikenakan biaya, dari biaya tersebutlah sebagiannya akan dibagikan kepada youtuber pemilik video yang ditonton.

3. Bikin Konten Promosi Produk atau Jasa

Bikin konten promosi produk atau jasa milik sendiri atau orang lain, selain mendapatkan uang dari adsense. Tentunya penjualan dari promosi yang dilakukan melalui konten youtube berpotensi menjaring pelanggan. Apalagi channelnya sudah sangat populer dan memiliki banyak subscribers pasti peluangnya semakin besar. 

Selain meningkatkan penjualan produk/jasa sendiri, Anda pun dapat menawarkan atau ditawar oleh orang lain maupun sebuah perusahaan untuk menjadi influencer pada produk/jasa mereka. Hal tersebut merupakan kesempatan mendapatkan uang tambahan melalui channel youtube yang Anda miliki. 


Anda pun bisa memberikan harga promosi tersebut kepada pihak perusahaan. Jika deal maka perusahaan akan membayar sesuai dengan kesepakan. Dengan endorse tersebut uang yang diperoleh pun menjadi berlipat-lipat karena bikin konten youtube dapat uang dari berbagai sumber.

1 Response to "3 Cara Bikin Konten Youtube Dapat Uang "

  1. Two full thumbs up for this magneficent article of yours. I've really enjoyed reading this article today and I think this might be one of the best article that I've read yet. Please, keep this work going on in the same quality. youtube promotion services

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel