Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop dan di HP Android

Aplikasi zoom merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak konferensi video yang berfungsi sebagai telekomunikasi jarak jauh. Zoom menggabungkan berbagai fitur seperti, konferensi video, obrolan, rapat online jarak jauh yang praktis dan efisien yang dapat di install pada PC/Laptop maupun Smartphone.

Aplikasi ini sedang marak digunakan banyak orang, baik dalam skala kecil maupun perusahaan besar yang memiliki anggota cukup banyak, akibat adanya wabah yang mengharuskan untuk berkativitas di rumah saja. Dengan aplikasi zoom tentu mempermudah komunikasi yang dilakukan untuk mengadakan rapat kerja sebuah perusahaan, rapat organisasi, maupun rapat-rapat instansi pemerintahan, serta juga mengadakan kajian, seminar, dan diskusi keilmuan.

Zoom juga sangat cocok untuk digunakan sebagai pembelajaran e-learning, baik sekolah ataupun kampus. Layanan zoom merupakan konferensi video yang berbasis cloud computing yang mengizinkan kepada penggunanya untuk melakukan pertemuan secar virtual melalui video, pesan suara, atau video dan pesan suara. Menariknya lagi, video atau pesan suara dapat direkom oleh zoom, sehingga dapat diputar ulang.  

Kualitas zoom sudah terbukti mumpungi, buktinya telah dipakai oleh banyak perusahaan, bahkan presiden RI beserta kabinetnya juga menggunakan aplikasi zoom saat rapat online. Zoom dikenal juga dengan sebutan zoom meeting, karena digunakan sebagai kegiatan rapat secara online. 

Aplikasi zoom tersedia secara gratis, tapi jika ingin mendapatkan fitur yang lebih apalagi untuk perusahaan sebaiknya gunakan yang paker interprise. Paket mulai dari basic (gratis), pro, business, dan interprise. Untuk yang interprise harga perbulannya sebagai sewa hostingnya sebesar $19,9 yang bisa digunakan sampai 500/1000 anggota. Sedangkan untuk keperluan pribadi saja, paket basic sudah cukup telekomunikasi bareng keluarga yang jauh.
harga paket aplikasi zoom

Cara menggunakan aplikasi zoom cloud meeting melalui webcam atau smartphone secara online sangatlah mudah.  Cukup dengan download, kemudian install aplikasinya, baik untuk laptop ataupun android. Berikut ini cara menggunakan aplikasi zoom cloud meeting di Laptop dan di HP Android:

A. Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop

#langkah 1
Download terlebih dahulu aplikasi zoom, silahkan kunjungi Download Zoom. Kemudian Install, tunggu sampai selesai. Untuk saat ini versi terbarunya 4.6.11.
download aplikasi zoom cloud meeting di laptop

#langkah 2
Aplikasi zoom sudah siap digunakan. Sebelumnya isi data start atau join.

B. Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di HP Android

#langkah 1
Ke Playstore, lalu cari dengan kata kunci “ZOOM Cloud Meetings”
install aplikasi zoom melalui playstore

#langkah 2
Klik Install dan tunggu hingga selesai.

#langkah 3
Silahkan klik start atau join untuk memulai aplikasi zoom.

Ketika sudah terinstall di laptop maupun di smartphone, silahkan explore fitur-fitur yang tersedia. Untuk mencobanya, silahkan undang teman atau keluarga untuk ngobrol melalui aplikasi zoom cloud meeting tersebut.


Tidak hanya untuk komunikasi jarak jauh dengan fitur video atau suara saja, aplikasi zoom juga memiliki fitur presentasi dan chat. Cukup membantu bukan! Apalagi yang sedang menerapkan Work From Home ataupun pembelajaran online untuk sekolah ataupun kampus. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop dan di HP Android"