Perbedaan Coin dan Token pada Cryptocurrency yang Perlu Diketahui

Cryptocurrency hari ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Cryptocurrency dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti tabungan, investasi, transaksi, trading, ataupun mining. Dilihat dari Coin Market Cap saat ini sudah ada 2300 lebih mata uang kripto. Dan top kripto masih dimenangkan oleh Bitcoin sebagai induk koin dari semua crypto.
jenis token pada cryptocurrency

Pada produk cryptocurrency dikenal dengan istilah coin dan token. Perbedaan coin dan token pada cryptocurrency yang perlu diketahui terletak pada teknologi blockchainnya. Jika coin berarti aset memiliki blockchainnya sendiri, sedangkan token berarti aset yang hidup diblockchain coin lain.

Bitcoin, etherium, Ddkoin merupakan contoh coin, sedangkan chainpay, DNC merupakan contoh token, karena menggunakan blockchain Etherium. Cek di CMC...

Jenis coin tersebut memiliki platform atau mainnetnya sendiri, hal tersebut dapat dicek di explorer. Silahkan cek sebagai contoh explorer DDKoin. Sedangkan jenis token, explorernya sama dengan coin yang diambil teknologinya, contohnya chainpay, dan lihat pada exprorernya yang menggunakan explorer Eth.

Banyak produk token pada cryptocurrency menggunakan platform Etherium. Sebab teknologinya dipandang lebih dari yang digunakan Btc, salah satunya terdapat smart contract. Eth saat ini menduduki posisi kedua market terbesar setelah Btc. Untuk token peringkat pertama market diduduki oleh Tether. 

Melihat perkembangan coin yang tercipta yang ditopang oleh teknologi blockchain, semakin hari semakin disempurnakan. Mulai dari algoritma PoW (Proof of Work) hingga DpoS (Delegated Proof of Stake), dan ke depannya terus akan ada pengembangan yang terjadi. 

Seperti DDKoin yang merupakan jenis koin dengan platform DDK-nya termasuk menggunakan blockchain yang terbarukan. Sistem miningnya lebih mudah dan efisien jika dibandingkan dengan Bitcoin, serta memadukan konsep bisnis kekinian, sehinga digadang-gadang DDKoin akan menjadi cryptocurrency yang unggul menjadi solusi terbaik keuangan dan transaksi.  

Melihat cryptocurrency tentu nilai yang paling utama terletak pada penggunaan teknologinya. Sebab tidak gampang menciptakan platform sebuah koin, perlu pengorbanan yang besar baik dana dan waktu, serta energi. Kemudian juga, tersedianya tim developer ahli dalam pengembangan projek tersebut.

0 Response to "Perbedaan Coin dan Token pada Cryptocurrency yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel