RuangGuru Solusi Pembelajaran Kekinian yang Efisien dan Efektif

Saat saya dulu dalam masa orientasi mahasiswa di Universitas Negeri Medan, masih saya ingat penyataan dari rektor yang pada waktu itu dijabat Prof. Syawal Gultom mengatakan bahwa UNIMED punya wacana membuat pendidikan jarak jauh akan diterapkan di tahun 2025. Banyak mahasiswa pada waktu tidak ngeh dengan pembicaraan tersebut.
RuangGuru Solusi Pembelajaran Kekinian yang Efisien dan Efektif

Sepulangnya, saya pun berpikir untuk apa mewacanakan kuliah jarak jauh, sementara gedung-gedung kampus yang terus dibangun. Ternyata saya salah, karena telah menafikkan adanya perubahan. Memang rektor pada waktu itu sungguh visioner yang jauh-jauh hari telah memikirkan perubahan yang bisa terjadi di masa-masa mendatang.

Tahun demi tahunpun berlanjut, hingga muncul aplikasi RuangGuru. Saya makin ngeh, bahwa dari RuangGuru akan dimulai pergeseran sistem dunia pendidikan. Munculnya RuangGuru bukanlah secara dratis menggantikan guru atau sistem sekolah yang ada. Fokusnya adalah membantu siswa untuk meningkatkan kemampuannya di berbagai mata pelajaran secara online. 

Ternyata hadirnya RuangGuru berdampak buruk kepada Bimbingan Belajar yang sudah lama eksis yang terpercaya oleh para orang tua untuk meningkatkan kemampuan belajar anak-anaknya. Zaman dimana anak-anak melakukan kegiatan serba online, jadi mereka menjadi lebih senang belajar melalui gadget mereka. 

RuangGuru memberikan tentor yang benar-benar ahli, sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dipahami, ditambah lagi ada animasi sebagai pendukung daya ingat bagi anak-anak yang belajar. Biaya untuk berlangganan di RuangGuru juga terbilang sangat murah bila dibandingkan dengan BIMBEL Konvensional. Anak-anak pun tidak perlu keluar rumah menuju lokasi BIMBEL tuk les. Ongkos pergi BIMBEL yang biasa harus dikeluarkan, dengan RuangGuru orang tua sudah tidak perlu mengluarkannya lagi. Jadi, secara perlahan dan pasti BIMBEL Konvensional mulai ditinggal, banyak anak-anak yang lebih senang BIMBEL Online dan para orang tua juga turst karena hasilnya memang memuaskan.

Untuk sekolah saat ini mungkin belum tergantikan oleh RuangGuru atau aplikasi BIMBEL online lainnya. Secara formal sekolah memberikan bukti legal dalam menyandang gelar pendidikan. Entah, kedepan bila aplikasi RuangGuru bisa menerbitkan Ijazah kepada peserta didiknya, bisa bisa sekolah akan semakin berkurang peminatnya.

Hati-hatilah dan jangan menafikkan perubahan. Bill Gates pernah mengatakan bisnis apapun yang tidak beralih ke online, siap-siap akan ditinggalkan. Bukan bisnis komersil saja, bisa jadi dunia pendidikan juga akan berubah. 

Dalam perjalanannya sistem pendidikan sebenarnya terus mengalami perubahan. Yang dulunya orang belajar dimana saja, kemudian belajar secara formal digedung-gedung, lalu jika kedepannya berubah menjadi online, sebenarnya wajar saja dan jangan kaget. Karena perubahan itu pasti akan datang, cepat atau lambat.

RuangGuru solusi pembelajaran kekinian yang efisien dan efektif sangat terbukti. Anak-anak tidak harus keluar rumah, cukup dengan gadget di rumah masing-masing atau dimana saja bisa belajar secara online dengan biaya murah dan hasil memuaskan. Jadi para orang tua bisa efisien dalam pengeluaran uang demi bimbangan belajar anaknya dan anaknya mendapat pembelajaran dari sistem yang benar-benar sangat bagus. 

RuangGuru menjadi sistem pembelajaran kekinian karena sangat cocok dengan situasi dan kondisi zaman sekarang. Dimana anak-anak suka internetan dan banyak aktivitasnya berada di online. Para orang tua juga tidak perlu khawatir, karena anaknya bisa belajar dari rumah saja. Tidak seperti mengikuti BIMBEL Konvesional yang harus pergi keluar rumah. Walau demikian dampak positif dan negatif aplikasi RuangGuru bagi dunia pendidikan juga ada.

Apalagi dunia saat ini sedang terjangkit wabah covid-19, termasuk negara indonesia. Banyak daerah yang sudah melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang juga wajib menerapkan Physical Distancing. Banyak sekolah-sekolah dilburkan sampai batas waktu yang tidak pasti. Guru dan murid pun tidak bisa mengadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. 

Nah, dengan aplikasi RuangGuru, para murid pun bisa tetap belajar dalam kondisi merebaknya wabah ini. Tetap di rumah saja, tapi jangan lupa untuk belajar. Yang belum berlangganan RuanGuru, segera berlangganan. 

0 Response to "RuangGuru Solusi Pembelajaran Kekinian yang Efisien dan Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel