Usaha di Bulan Ramadhan yang Laris dan Menguntungkan Dipadukan dengan Sistem Penjualan Online

Bulan puasa merupakan bulan berkah dan bulan ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia. Termasuk berkah dalam mendatangkan rizki bagi pedagang. Usaha di bulan puasa banyak macamnya dan bersifat musiman pada jenis dagangan tertentu, tapi kebanjiran omset yang penjualannya meningkat drastis. Sehingga banyak orang yang mengambil momen tersebut untuk menjadi pedagang walau sekedar musiman saja.
Usaha di Bulan Ramadhan yang Laris dan Menguntungkan Dipadukan dengan Sistem Penjualan Online

Pada bulan ramadhan biasanya setiap muslim sudah memfokuskan diri untuk ibadah, sehingga finansial pun sudah di setting untuk cukup membeli segala kebutuhan dan juga sebagian besar untuk diberi berupa infaq, sedekah, zakat, dan lain sebainya. Menjadi wajar bila pengeluaran umat Islam lebih besar dari bulan-bulan biasanya.


Bulan suci ramadhan menjadi kesempatan memperbanyak amal dengan memberi, apakah itu infaq, makanan yang diberikan kepada tetangga, termasuk membelanjakan untuk kebutuhan sahur dan berbuka serta keperluan menjelang hari raya. Biasanya juga para pekerja mendapatkan THR di bulan ramadhan menjelang hari raya, ini juga yang menjadi waktu memperbaharui pakain atau gadgetnya, serta lainnya yang dianggap perlu.

Bulan ramadhan bukan saja sebagai bulan penggandaan amal, ternyata rizki uangpun berlipat ganda. Usaha di bulan ramadhan walau hanya sebagai usaha musiman di bulan puasa pada jenis dagangan tertentu, namun membawa keuntungan yang berlipat ganda pula. 

Bila ingin memanfaatkan momen bulan puasa untuk menjajaki usaha, maka tentukan usaha di bulan puasa ramadhan yang laris sebagai peluang usaha di bulan puasa untuk dijalankan. Jenis dagangan usaha di bulan puasa yang laris akan memberikan keuntungan yang besar dan jangan lupa untuk beramal dari hasil yang diperoleh tersebut.

Usaha yang bisa dijalankan di bulan ramadhan 2020 haruslah bisa dipadukan dengan sisten penjualan online. Sebagai seller harus memberikan layanan delivery kepada pelanggan. Atas wabah covid-19 yang terjadi, tempat-tempat keramaian tidak diperkenankan. Dampaknya para pembeli tidak bisa seperti di bulan puasa sebelum-belumnya yang selalu mempadati tempat-tempat kuliner, acara ramadhan yang diadakan PEMDA, wisata menjelang berbuka, dan sebagainya.

Jadi perpaduan dengan sistem online sangat menentuan kelarisan dagangan yang diperjualbelikan. Nah, bagi yang tetap mencoba menjemput rizki ramadhan di tahun ini, berikut usaha di bulan ramadhan yang laris dan menguntungkan dipadukan dengan sistem penjualan online:

1. Jualan Jus Minuman Segar

Bagi orang yang berpuasa rasanya ingin yang segar-segar saat berbuka. Salah satunya dengan jus minuman segar. Jus minuman segar dari aneka buah-buahan sangat cocok menjadi menu pembuka saat berbuka. Dengan berjualan jus, tentu akan banyak pembelinya. Dengan memadukannya sistem delivery pemesanan secara online maka pembeli cukup memesan dari rumah. 

2. Jualan Aneka Es

Es jenisnya macam-macam, ada es kelapa, es cendol, es campur, es buah, dan lain sebagainya. Sama seperti jus, berjualan aneka es tergolong laris manis karena terasa segar sebagai sajian menu berbuka puasa. Jualan aneka juga usaha di bulan puasa yang laris dan menguntung dipadukan dengan sistem penjualan online.

3. Jualan Gorengan

Aneka gorengan juga mantaps sebagai cemilan berbuka puasa sebelum menyantap makanan berat. Tidak sekedar berjualan di gerobak atau warung gorengan, cara lain yang dapat dilakukan dengan berjualan keliling menjelang berbuka atau dengan menerima pemesanan secara online. Berjualan gorengan tidak harus milik sendiri, bisa juga dengan menjualkan gorengan milik orang lain.

4.  Menjual Buah-Buahan

Sudah jelaslah di bulan ramadhan pinginnya yang segar-segar. Hal tersebut membuat kebutuhan akan buah semakin meningkat. Keluarga yang tidak mau membeli jualan milik orang lain, biasanya membuat sendiri di rumah. Buat jus sendiri di rumah tentu harus membeli buah-buahan sebagai bahan dasarnya. Sehingga, berjualan buah-buahan di bulan ramadhan akan laris dan menguntungkan.

5. Menjual Masakan untuk Sahur dan Berbuka

Tidak dipungkiri banyak ativitas yang menyibukkan sehingga tidak sempat memasak untuk keperluan sahur maupun berbuka. Biasanya hal itu dialami oleh mahasiswa yang sedang nge-kost, atau pekerja rantauan yang waktu kerjanya padat. 

6. Jualan Busana Muslim

Momen puasa sangat melekat nuansa ibadah, sehingga dari busanapun perlu dipercantik sebagai penyemangat meningkatkan amalan. Pedagang busana muslim pun berpeluang memperoleh pesanan yang meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. 


7. Menjual Kue Lebaran

Kue kering menjadi incaran para emak-emak saat menjelang lebaran. Penjualan kue kering ini sangat laris dan merupakan usaha musiman yang banyak dijajaki. Aneka kue kering lebaran sangat bervariasi, dan perlu sedikit inovasi dengan membutnya menjadi unik dan lucu, akan menambah minat pembeli.

8. Rental Mobil

Indonesia punya tradisi mudik atau pulang kampung yang menjadi keharusan. Melakukan mudik tentu memerlukan kendaraan. Bagi yang mudik bersama keluarga dan belum memiliki mobil, maka jasa rental menjadi pilihannya. Mungkin untuk ramadhan ini usaha rental mobil menjadi berkurang karena pandemi corona serta pelarangan dari pemerintah. Tapi tetap bisa dijalankan dengan rute yang dekat, misalnya rental mobil untuk jarak antar desa saja.

9. Berjualan Smartphone

Karena momennya menjelang hari raya, biasaya banyak yang ingin tampil beda. Salah satunya meng-upgrade smartphone lama. Menjelang hari raya, menurut dara e-commerce ada peningkatan pembelian smartphone yang signifikan. Hal itu didasari juga banyak orang yang membuka tabungannya ketika menjelang lebaran.

11. Jasa Antar Dagangan

Bulan ramadhan yang dibarengi dengan physical distancing ini, membuat aktivitas gerak dibatasi. Sehingga, banyak orang enggan keluar dan lebih mengandalkan jasa pengataran. Nah, ini kesempatan mencari peluang untuk menawarkan jasa antar dagangan. Lakukan kerjasama dengan pedagang, baik itu pedagang kue, es buah, jus, busana muslim, gorengan, dan lainnya sebagai pengantar dagangan kepada pembeli.

12. Sewa Kamar Hotel Karantina

Merebaknya wabah covid-19 melarang daerah dengan sumber penyebaran terparah untuk keluar dari daerha tersebut. Namun, tidak semua daerah mengalami penyebaran yang sudah parah. Tingkat penyebaran yang masih kecil, walau ajuran dari pemerintah tidak diperkenankan keluar, tapi kenyataannya banyak yang memilih mudik lebih awal. Nah, di sini para hotel yang ada di daerah bisa beralih fungsi sebagai tempat karantina bagi warga yang pulang sebelum ke rumah keluarga. Potensi sewa kamar hotel karantina cukup menguntungkan, sebab akan ada banyak orang yang mudik. 

13. Jasa Pembuatan Custom Amplop

Menjelang lebaran, terutama anak-anak mendapatkan amplop berisi uang. Untuk lebih menarik, uang tersebut dimasukkan ke dalam amplop khusus yang menarik. Menyediakan jasa pembuatan custom amplop, tentu banyak diminati. Bagi yang berkelebihan rizki akan lebih menarik bila memberikan uang dalam amplop dengan permintaan desain sendiri.

14. Jasa Laundry

Sama seperti jasa masakan, jasa laundry memiliki pesanan yang cukup banyak. Jasa laundry tidaklah usaha musiman, tapi pada bulan puasa permintaannya meningkat. Biasanya peningkatan terjadi saat sebelum mudik dan selepas mudik. Setelah mudik pakaian kotor menumpuk dan masih capek habis mudik, jasa laundry pun akan kebanjiran job. 


Itulah usaha di bulan ramadhan yang salah satunya bisa dicoba. Semua usaha yang tercantum di atas bisa dipadukan dengan sistem online. Paling sederhananya bisa menggunakan via Whatsapp dalam melakukan pemesanan dan komunikasi dengan pelanggan. 

0 Response to "Usaha di Bulan Ramadhan yang Laris dan Menguntungkan Dipadukan dengan Sistem Penjualan Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel