Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil dan Tips Menjalani Bisnis Minuman agar Sukses

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil dan Tips Menjalani Bisnis Minuman agar Sukses
Minuman terus mengalami perkembangan, yang awalnya sangat sederhana dan semakin lama mimunan yang dibuat semakin unik dan berkreasi. Dulu orang membuat minuman dari bahan yang sederhana, seperti teh, susu, kopi, coklat, ataupun buah-buahan.

Tapi sekarang minuman yang dibuat secara kolaborasi memadukan bahan-bahan umum. Dengan begitu terciptalah minuman seperti teh tarik, yaitu perpaduan antara susu dan teh. Eksperimen untuk membuat minuman kekinian banyak dilakukan untuk mendapatkan nilai cita rasa yang tinggi, sekaligus memperoleh nilai jual di pasaran. 

Usaha minuman kekinian tentu memiliki propek yang sangat bagus. Selain minum menjadi kebutuhan, setiap orang juga menginginkan rasa minuman yang berbebeda, tapi memiliki rasa yang enak. Menjual minuman kekinian yang unik, menarik, dan memiliki rasa yang enak merupakan modal awal berdagang minuman, agar menarik minat pelanggan.

Usaha minuman kekinian modal kecil, tapi omset bisa selangit. Mendapatkan keuntungan dari usaha minuman kekinian tentu sangatlah mungkin. Sebab, usaha tersebut tidak ada matinya. Sepanjang perjalanan hidup manusia, usaha minuman tidak pernah mati. Selalu ada dimana-mana dengan berbagai viriasi rasa dan inovasi penyajian yang berbeda-beda.

Walaupun begitu untuk menjalankan usaha tersebut agar laris dan memperoleh omset hingga jutaan, perlu inovasi dan kreativitas dalam menekuni bidang usaha ini, karena usaha di bidang minuman juga digeluti banyak orang dan mereka merupakan pesaing bisnis.

Bagi yang tertarik menjalani usaha minuman kekinian, bisa dengan dua cara yaitu join dengan usaha waralaba minuman atau membuka usaha minuman sendiri.

A. Menjadi Mitra Franchise Minuman

Jika join dengan usaha waralaba tentu menguntungkan sebab produknya sudah familiar. Hal tersebut memudahkan untuk menjual kepada pelanggan. Produk yang sudah dikenal luas oleh banyak orang, bahkan ada penggemar terhadap produk minuman tersebut. Hal ini tentu membuka peluang bagi yang ingin menjadi mitra franchise.

Untuk menjadi mitra, tentu harus menyiapkan sejumlah dana dan biasaya bisa langsung jualan. Jadi tidak perlu melakukan promosi, cukup fokus jualan saja. Produk franchise biasanya sudah ada peminatnya dan disukai banyak orang, sehingga menjualnya juga tidak terlalu sulit.   

Walau banyak untungnya menjadi mitra franchise, akan tetapi ada sejumlah pertimbangan harus diperhatikan sebelum memutukan untuk bergabung, yakni:

Ada aturan dari pihak pemilik waralaba yang harus dipatuhi.
  • Tidak perlu inovasi produk, sehingga bakat yang dimiliki tidak berkembang.
  • Bahan baku melalui pemiliki waralaba.
  • Reputasi brand menentukan omset yang diperoleh.
  • Memiliki sifat musiman dan tidak dapat bertahan lama.
  • Ada fee untuk royalty usaha yang diberikan kepada pemilik waralaba.
Itulah yang harus dipertimbangkan saat menjadi mitra franchise, namun tetap saja bergabung akan memberikan keuntungan yang banyak. Untuk yang tidak mau repot dalam urusan pemasaran dan promosi, menjadi mitra sepertinya sangat cocok.

B. Membuka Usaha Minuman Kekinian Sendiri

Untuk membuaka usaha minuman tidak harus dengan modal besar. Bisa mengawalinya dengan modal kecil dan mengembangkannya dengan berbagai kreativitas dan inovasi. Walau menjalankan usaha sendiri tidaklah mudah, sebab brand minimunan yang dibuat tentu belum dikenal orang. 

Nah, untuk meminimalisir budget gunakan media sosial, aplikasi chatting, blog/web sebagai media promosi dan pemasaran. Pangsa pasar di media sosial saat ini begitu luas, sehingga sangat efektif dijadikan sebagai media memperkenalkan brand minuman baru.

Dengan membuka usaha minimunan kekinian sendiri tentu lebih bebas dan tidak terikat dengan peraturan orang lain. Hasilnya juga 100% milik sendiri dan bisa dinikmati tanpa perlu ada potongan dari pihak manapun.

Untuk mendapatkan pelanggan loyal perlu kerja keras, kemudian lakukan inovasi untuk membuat minuman kekinian yang unik, menarik, dan rasanya enak. Yakinlah dalam waktu singkat produk minuman tersebut akan diminati banyak orang.

Berikut ini usaha minuman kekinian modal kecil yang bisa dijalankan. Dengan kesungguhan mengawali usaha minuman walau bermodal kecil, kesuksesan bisa diraih.

1. Usaha Minuman Jus Buah

Jus buah termasuk minuman kekinian yang banyak diminati banyak orang. Cara pembuatannya cukup mudah yakni dengan mem-blender buah-buahan, seperti alvukat, apel, jeruk, melon, dan lainnya dan mencapurnya dengan bahan lain, seperi gula.

Rasa jus buah tentu enak dan segar, apalagi diminum saat cuaca sedang panas. Bahkan, usaha jus buah ini pelanggan membeli bisa setiap harinya. Jadi prospeknya sangatlah bagus dan memiliki pangsa pasar yang luas, sebab dari berbagai kalangan memang menyukai minuman jus buah.


2. Usaha minuman Cup Bubble Drink

Minuman Cup Bubble Drink merupakan minuman teh segar dari Taiwan dan penyajiannya dilengkapi dengan topping taburan mutiara hitam. Pembuatan Bubble Drink memadukan bahan-bahan seperti susu, gula, teh dan serbuk mutiara berbentuk bola hitam. Di Indonesia, minuman ini sangat laris sejak diperkenalkan.

Brand minuman seperti ini contohnya Bubble Boom, Mr and Mrs Boba, I-Cup Bubble Tea, dan brand-brand lainnya. Untuk menjalankan usaha in sebaiknya membuat brand sendiri. Jika dilakukan dengan teliti dengan membuatnya menjadi berbagai varian rasa dan kemasan, maka bisa bersaing dengan brand yang sudah mapan sekalipun.

3. Usaha Minuman Cappucino Cincau

Minuman Cappucino Cincau juga sangat ngetrend dan disukai banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukai minuman ini. Minuman Cappucino Cincau memiliki banyak penggemar, karena rasanya memang sangat enak dengan perpaduan antara cappucino dengan cincau.

Pembuatan minuman cappucino cincau berbahan dasar susu, gula, bubuk cappucino, cincau, es, dan semua itu sangat mudah ditemukan di kedai-kedai atau supermarket. 

Untuk menjajaki usaha ini, gunakanlah gerobak/booth yang sudah didesain secara menarik yang menunjukkan brand bisnis milik sendiri. Juallah dengan viriasi rasa berbeda buatan sendiri, sehingga konsumen yang membeli merasakan perbedaannya dengan produk orang lain yang sejenis. 

4. Usaha Minuman Kopi

Minuman kopi memiliki kelas yang berbeda-beda. Bahan yang digunakan menjadi penentu rasa dan harga minuman kopi. Kelas minuman kopi mana saja memiliki pecintanya masing-masing. Sehingga, usaha minuman kopi sangatlah cocok untuk berbagai kalangan dengan isi kantong yang berbeda-beda.

Cocoknya usaha minuman kopi di padukan dengan tempat nongkrong yang nyaman. Walaupun kopi sederhana yang dijual, tapi dihidangkan pada tempat nongkrong yang nyaman, tentu membuat rasanya makin mantaps. 


5. Usaha Minuman Es Teh

Teh memang menjadi minuman utama jika ada tamu yang berkunjung. Biasanya minuman yang dihidangkan berupa teh panas atau teh dingin. Saat ini sudah banyak varian rasa berbahan teh yang dikolaborasikan dengan bahan-bahan lain, seperti buah-buahan. 

Sudah banyak juga waralaba teh ini, contohnya Teh Poci ataupun Your Tea. Bagi Anda yang tertarik usaha minuman es teh, sebaiknya mempersiapkan gerobak atau booth agar mudah menjualnya dengan berkeliling. Atau menjualnya secara bersamaan dengan pedagang lain dengan produk yang berbeda.

6. Usaha Minuman Es Kelapa Muda

Kelapa muda memang terdapat air yang enak didalamnya, seperti rasa soda. Kelapa mudanya juga enak untuk disantap. Kelapa muda original memang enak rasanya, apalagi jika disajikan bersamaan dengan es. Tentu menambah kesegaran di tenggorakan saat meminum airnya. 

Campuran lainnya bisa menambahkan gula pasir atau gula warna. Terkadang ada orang yang suka dengan campuran gula pasir, ada pula yang dengan gula aren. 

Kelemahan dari usaha ini terletak pada bahannya. Buah kelapa tidak bisa dipanen setiap hari untuk diambil buah kelapa mudanya. Sehingga, pada waktu tertentu bahan sulit didapatkan dan harganya bertambah mahal.

Tapi, karena minuman ini disukai banyak orang, maka menjualnya cukup gampang. Walau harga dinaikkan sedikit, konsumen tetap akan membelinya.

7. Usaha Minuman Es Tebu

Usaha minuman es tebu sangat cocok bagi yang modal pas-pasan. Mesing penggilingnya juga bisa disewa dengan harga yang murah. Minuman ini berbahan tebu alami, kemudian dicampur sedikit es untuk menambah kesegaran saat diminum. 

Es tebu banyak digemari dan memang sangat pas diminum saat cuaca dengan panas. Dalam pembuatannya tergolong gampang, mengambil air tebu dengan menggunakan mesin penggiling, lalu dicampuri dengan es. 

Agar penjualan lebih laris sebaiknya lokasi penjualan di daerah yang panas atau di pingir-pinggir jalan yang banyak berlalu-lalang kendaraan.

8. Usaha Minuman Es Campur

Usaha minuman es campur juga memiliki banyak peminat, terutama anak-anak. Es campur juga sangat enak dipadukan dengan roti saat dimakan. Pembuatan es campur dari berbagai bahan, seperti lengkong, es, tape, gula aren, santan kelapa, dan campuran lainnya. 

Menjual es campur ini paling laris saat menjelang bulan Ramadhan. Banyak orang membelinya untuk minuman setelah berbuka puasa. 


Tips Menjalani Bisnis Minuman agar Sukses

Sebagai pelengkan usaha minuman kekinian di atas, sebaiknya juga mengetahui tips menjalani bisnis minuman agar sukse. Ada beberapa pedoman yang perlu untuk dipelajari agar usaha yang dijalan memberikan hasil yang terbaik.
  • Pahamilah kondisi pasar dengan baik. 
  • Buat minuman yang unik, menarik, berbeda dan memiliki rasa yang enak.
  • Jalankan usaha dilokasi yang strategis.
  • Buatlah konsep usaha yang berbeda dengan pesaing
  • Lakukan promosi, baik secara online maupun offline.
Itulah beberapa usaha minuman kekinian yang bisa dijalankan dan memberikan keuntungan dengan modal yang terjangkau. Walau ada beberapa pilihan usaha di atas, sebaiknya memilih untuk menjalankan usaha yang sesuai dengan minat atau keahlian. Yakinlah, dengan sedikit inovasi dan kreativitas saja, akan mengundang minat konsumen untuk membeli produk Anda.

0 Response to "Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil dan Tips Menjalani Bisnis Minuman agar Sukses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel