Perintah Sedekah sebagai Isyarat kepada Umat Islam untuk Mengusai Dunia

Perintah Sedekah sebagai Isyarat kepada Umat Islam untuk Mengusai Dunia
Perintah sedekah, zakat maupun infaq sangatlah utama dan penting, serta masuk dalam amalan yang mendapat ganjaran berlipat-lipat. Sedekah ataupun infaq itu seperti investasi, pada saat pembagiaannya jumlahnya melebih dari apa yang telah diberikan. Itu merupakan perniagaan yang paling menguntungkan, karena mitranya adalah Tuhan.

Islam adalah agama yang terus bergerak, dalam artian umat didalamnya dibuat candu kepada kebaikan-kebaikan karena Allah selalu mengimi-imingi dengan pahala yang besar. Sehingga, apabila tidak direbut orang tersebut amatlah merugi. Perintah maupun anjuran kebaikan sesungguhnya demi kebaikan umat itu sendiri, tidak ada sedikitpun keuntungan yang diterima oleh Tuhan. 

Adanya perintah untuk sedekah, infaq maupun zakat semuanya itu demi kepentingan umat, bukan kepentingan Tuhan. Bila sedekah ataupun infaq dapat diterapkan dengan baik dan benar, pastilah umat Islam akan makmur dan berkuasa. Kemakmuran dan kekuasaan merupakan isyarat Tuhan mengapa harus sedekah ataupun infaq.

Sedekah  berpotensi sangat besar menghantarkan umat Islam dalam menggapai kemakmuran dan juga kekuasaan. Contoh kecil saja untuk Indonesia, jumlah umat Islamnya berkisar 207 juta. Kita tidak perlu menghitung jumlah umat Islam di dunia, cukup di Indonesia saja sudah bisa menjadi gambaran kekuatan dari sedekah tersebut. Nah, dari 207 juta tersebut hitung sajalah ada 100 juta yang produktif bisa memberikan sedekah berupa uang. Rata-ratakan saja per orang sedekah Rp. 1.000,-, kemudian kali-kan dengan 100 juta, maka didapat 100 milyar perhari. 

Dengan uang 100 milyar tersebut, sudah berapa mesjid yang bisa dibangun, berapa sekolah yang bisa dibuat, anak yatim dan fakir miskin akan terayomi, bahkan dapat menghilangkan kemiskinannya. Dengan uang sebesar itu, akan ada banyak program keummatan yang bisa dikerjakan, termasuk juga memberikan dana usaha bagi saudara-saudara Kita yang membutuhkan, membangun sistem keuangan yang berbasis Islam, pemuda-pemuda yang ingin menjadi pemimpin di lembaga pemerintahan juga bisa menggunakan dana sedekah tersebut, yang manfaatnya bakal kembali kepada ummat Islam.

Dari contoh kecil program-program yang bisa dikerjakan di atas, arahnya ada 2 yakni: kemakmuran dan kekusaan. Kemakmuran dan kekuasaan ini memang harus digandeng supaya syariat Islam benar-benar bisa terlaksana dengan mudah, baik, dan benar. Yakinlah tanpa kekuasaan, ummat Islam akan sulit menerapkan syariat. Dari kekuasaan tersebutlah syariat Islam bisa dijalankan dalam kehidupan manusia seutuhnya. Syariat Islam yang diterapkan bukanlah untuk muslim saja, tapi semua orang beragama. Sebab sebagai seorang muslin, tentu yakin syariat Islam merupakan rahmat bagai semua manusia, bukan hanya bagi ummat Islam saja.

Dalam pengelolaan dana sedekah, infaq, maupun zakat memang tidak mudah. Harus ada sebuah platform yang dibuat agar dana dapat tersimpan dengan aman, tersalurkan dengan benar, dan menjangkau semua orang, khususnya ummat Islam. Jika sudah begitu, langkah berikutnya tinggal mengerjakan program-program keummatan. Sudah jelaslah begitu luar biasanya tujuan dari sedekah, yang salah satunya demi kemakmuran seluruh manusia.

Ada sebuah hadist dari Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu:

“Tidak akan tiba hari kiamat hingga harta menjadi banyak pada kalian, harta itu terus berlimpah sehingga membingungkan pemiliknya siapakah yang mau menerima sedekah darinya, lalu seseorang dipanggil kemudian dia berkata: Aku tidak membutuhkannya” (Shohih Bukhari dan Muslim)

Dari hadist di atas, bisa diambil kesimpulan bila masa seperti itu belum dijumpai saat ini. Masih banyak saat sekarang ini yang sangat membutuhkan harta, bahkan berebut dalam perkara harta. Tapi, saat ini pula menjadi kesempatan bagi Kita semua untuk menjadi pejuang sedekah, menjadi pahlawan infaq demi menggapai terwujudnya kemakmuran dunia. Mumpung masih bisa bersedekah, sebaiknya segera lakukan walau kecil nilainya. Daripada tidak sama sekali dan juga mumpung masa kemakmuran tersebut belum terwujud, mari berlomba mendapatkan pahala-pahala sedekah, infaq maupun zakat.

0 Response to "Perintah Sedekah sebagai Isyarat kepada Umat Islam untuk Mengusai Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel