Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara meningkatkan pendapatan blog dengan AdSense

Bagi seorang blogger, selain dari hobi menulis. Tujuan dari ngeblog adalah untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu target penghasilan yang didapat adalah dari AdSense. Walau banyak alternatif yang bisa menjadi penghasilan seorang blogger. Tapi memang, AdSense memberikan pendapatan paling besar dan bisa menjadi penghasilan utama bagi seorang blogger. 

Cara meningkatkan pendapatan blog dengan AdSense

Selain itu, Adsense memberikan tampilan iklan yang bagus dan relevan, serta mempercantik desain blog. Secara estetika membuat lebih nyaman untuk dibaca oleh pengunjung.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan pendapatan AdSense seorang blogger. 

1.  Memperbanyak traffic blog

Untuk blog Indonesia memang CPC-nya rendah dibandingkan dengan negara Eropa.  Ada yang membandingkan blog bule itu lebih tinggi nilainya 100 kali lipat dibandingkan dengan blog Indonesia.  Bahkan ada yang mengatakan blok bule nilainya 1000 kali lipat dibandingkan dengan blog Indonesia. 

Jadi untuk mensiasati agar pendapatan blog Indonesia lumayan atau bisa PO setiap bulannya. Maka traffic blog harus ditingkatkan, biasanya untuk blog Indonesia secara umum untuk PO perlu 5 ribu pengunjung perhari. 

Cara untuk meningkatkan traffic blog, tentunya dengan update artikel setiap harinya minimal 1 tulisan. Dan itu harus dikerjakan secara konsisten. Apapun kesibukan yang ada, tetap harus meluangkan waktu untuk menulis artikel. Blog yang terupdate setiap hari menunjukkan blog yang sehat dan search engine Google menilai hal tersebut.

Baca juga: Tips Semangat Update Artikel secara Rutin Tiap Hari untuk Blog

2.  Pilih niche dengan CPC yang tinggi

Pada konten blog, pilihan niche mempengaruhi pendapatan blogger. Nicje dengan CPC tinggi pendapatannya berbeda dengan niche yang CPC nya rendah. Niche dengan CPC tinggi, misalnya: bisnis, kesehatan, kendaraan, keuangan, dan seterusnya. 

Untuk blog Indonesia dengan CPC tinggi,  biasanya harga kliknya atas Rp1.000. Jika perharinya blog mendapatkan 100 klik, maka 100 * 1.000 =  Rp. 100.000. So, tiap bulan blog bisa menghasilkan Rp. 3.000.000. 

Untuk niche blog dengan nilai CPC dibawah Rp1.000. Maka harus mendapatkan jumlah klik yang banyak. Untuk mendapatkan Rp100.000 per hari, bila rata-rata nilai per klik adalah Rp. 200. Maka setiap harinya blog harus mendapatkan 500 klik.

3. Buat blog bule

Tidak dipungkiri bahwa punya blog bule tentu lebih bernilai dibandingkan dengan  blog Indonesia. Walau begitu, blog Indonesia tetap memiliki potensi yang besar lebih karena mudah untuk mendapatkan traffic atau pengunjung. 

Oleh karena itu, harus memiliki blog bule dan blog Indonesia. Karena Kedua jenis blog tersebut akan memberikan penghasilan yang besar. 

Banyak cara untuk membuat blog bule. Saat ini sudah banyak jasa yang melayani penulisan konten dalam bahasa Inggris. Memang harga artikel bahasa Inggris lebih mahal dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Tapi itu sesuai dengan apa yang akan didapatkan bila blog bule sukses dijalankan. 

Biasanya untuk blog bule, cukup dengan 100 pengunjung organik per hari, bisa PO setiap bulannya. Dengan asumsi bahwa blog bule tersebut 50 kali lipat lebih tinggi daripada blog Indonesia. Dengan kata lain jumlah pengunjung 100 tersebut memiliki nilai yang sama dengan 5K pengunjung dengan target Indonesia. 

Memang memiliki blog bule sangat menjanjikan tetapi persaingan cukup tinggi. Tidak mudah untuk mendapatkan halaman pertama di Google artikel yang dibuat. Bahkan secara perlakuan juga berbeda. Orang Indonesia yang punya blog Bule itu berbeda dengan orang Eropa dengan bole bulenya. Sebab apa? sebab AdSense yang digunakan itu terdeteksi wilayahnya.

4. Buat konten tertarget

Advertiser menyukai blog dengan konten tertarget. Walau saat ini memang jarang blog, yang fokus pada satu niche. Sebab berpikir bahwa hanya dengan 1 niche maka traffic tidak akan tinggi. 

Padahal konten yang tertarget memiliki potensi CPC bagus. Karena bagi advertiser iklan yang dipasang tepat sasaran. Kalau blog itu diibaratkan sebuah toko, toko sepatu misalnya. Maka orang yang beriklan memperkenalkan merek atau produk sepatunya, sangat tepat sekali bila beriklan di toko sepatu tersebut atau menjadi sponsor di toko itu. 

Jika ingin membuat konten yang fokus atau 1 niche. Disarankan untuk cek iklan terlebih dahulu. Maksudnya adalah iklan dari para advertiser di Google yang tidak ada matinya. Contohnya iklan kendaraan. Biasanya Para perusahaan yang menjual kendaraan apalagi merek terbaru atau produk terbaru itu pasti akan mengiklankannya. Dan untuk iklan kendaraan itu biasanya terus ada. Apalagi di musim musim tertentu di mana pada waktu itu banyak peminatnya.

Baca juga: Review Mgid: Cara Daftar, Keunggulan, dan Kekurangan Mgid sebagai Alternatif Adsense

Demikianlah empat cara yang dapat meningkatkan pendapatan blog. Semoga dapat menjadi referensi Pembaca sekalian

Post a Comment for "Cara meningkatkan pendapatan blog dengan AdSense"