Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membayar Hutang Negara Lunas dalam Sehari

Tulisan ini, bersumber dari sebuah video yang diunggah oleh anonymous bossdarling. Di video tersebut ditunjukkan cara membayar hutang negara sebesar 6000 Triliun Rupiah dalam waktu sehari saja. Sungguh ini membuat semua pihak harus mengapresiasi dan mudah-mudahan pula bisa diterapkan. Bila hutang negara lunas, semuanya akan senang baik pemerintah maupun rakyatnya. Pemerintah bisa fokus membangun kebutuhan negara tanpa harus berhutang. Rakyat pun senang jika pajak rendah, bahkan kebutuhan primer dari masyarakat misalnya listrik, itupun bisa digratiskan. Saat ini untuk membayar bunga hutang berkisar 300-an triliun pertahunnya, bayangkan duit segitu banyak bisa dimanfaatkan untuk kepentingan negara dan rakyat, pasti rakyat Indonesia Sejahtera dan pemerintah Indonesia juga semakin kuat.

Cara Membayar Hutang Negara Lunas dalam Sehari

Cara membayar hutang negara lunas dalam sehari ternyata bisa dilakukan, jika ada political will diantara Presiden, Gubernur BI dan DPR. Saat ini Indonesia telah berhutang berkisar Rp 6000 triliun, yang diperkirakan akan menambah terus. Padahal, jika ada political will, maka hutang tersebut pun bisa dilunasi dalam sehari.

Baca juga: Cara Berhutang Cerdas Cepat Lunas Untung Besar

Hutang Indonesia telah membuat rakyatnya menanggung beban pajak yang semakin meningkat, tapi tidak diimbangi dengan pendapatan. Agak-agak nya para menteri melihat hutang menjadi sebuah solusi keuangan negara. Membangun infrastruktur dengan hutang, penanganan kesehatan juga menggunakan utang, bahkan bayar cicilan hutang pun dengan berhutang.

Berikut ini cara melunasi hutang negara 6000 Triliun Rupiah dalam waktu sehari seperti yang disampaikan pada video yang diunggah oleh bossdarling. 

1. Pemerintah mengeluarkan Bond

Supaya pemberi hutang mau dilunasi utangnya, maka perlu buyback at premium mungkin cuannya sebesar 20%. Sehingga, uang yang dibayarkan bukan 6000 triliun tetapi 7200 triliun. Pemberi hutang tentu senang mereka mendapatkan pembayaran cuan sebesar 20%.    

2. Bond yang diterbitkan oleh pemerintah dibeli oleh BI

Yang menjadi pertanyaan, Apakah mau BI membeli Bond pemerintah? Nah di sinilah harus ada political will. Kan bisa pemerintah dan DPR memilih Gubernur BI yang sesuai dengan tujuan bersama dan satu pemikiran demi kepentingan bangsa dan rakyat. 

Bila bon dibeli oleh Bi, pada neraca aset akan dibukukan sebagai bon pemerintah dan pada bagian liabilities akan dibukukan sebagai uang dalam peredaran, yang masing-masing senilai 7200 triliun rupiah. Menerbitkan uang sebanyak 7200 triliun itu bukan dengan mencetak duit pakai kertas, itu kelamaan. Cetak aja pakai digit komputer lalu ditambahkan ke rekening pemerintah. 

Setelah uang masuk ke rekening pemerintah, selanjutnya di pasar modal lakukan pembelian dolar menggunakan rupiah tersebut sebesar 7200 triliun rupiah. Setelah mendapatkan dolarnya, lalu bayar hutang 6000 triliun ditambah cuan 20% menjadi 7200 triliun atau angka lain dalam bentuk dolar. 

Lakukan pembelian Dolar dalam waktu yang cepat, supaya nilai rupiah tidak terdepresiasi. Hitungannya dalam waktu sehari saja tradingnya dan seperti perang gerilya tentu dilakukan dengan diam-diam saja.

3. Peranan DPR

Selanjutnya peran DPR menghapus atau membersihkan utang pemerintah. Bila ada yang menghambat, ganti saja regulasi dan pejabatnya atau bahkan buat undang-undang baru. Selesai urusan, bon (hutang ke BI) pada bagian liabilities di sisi pemerintah dan pada bagian aset di sisi BI hapuskan saja. 

Semua in tentu bisa dilaksanakan bila ada political will di antara 3 lembaga negara tersebut. Cara ini juga legal secara undang-undang ataupun peraturan BI dan bila diaudit oleh akuntan sekelas dunia pun hasilnya akan wajar tanpa pengecualian.

Post a Comment for "Cara Membayar Hutang Negara Lunas dalam Sehari"