Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meningkatkan Penjualan dan Menjaga Customer Tetap Loyal dengan Media Chatbot

Masalah yang sering kali menjadi keluahn para pelanggan adalah lembatnya respon Ketika mau menanyakan sesuatu tentang service atau produk yang mereka gunakan. 

Keterbatasan sumberdaya manusia menjadi faktor utama masalah ini. Kehadiran teknologi chatbot menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini. Chat dari pelanggan akan terbalas dengan cepat tanpa customer harus menunggu sekian menit atau bahkan hari untuk mendapatkan jawaban. 

Meningkatkan Penjualan dan Menjaga Customer Tetap Loyal dengan Media Chatbot

Live hat terbukti dapat meningkatkan penjualan, data itu di lansir dari FurstPerson bahwa 77% pelanggan urung untuk melakukan transaksi di sebuah website yang tidak memiliki chat interaktif. 

Pertanyaan- pertanyaan mendasar seperti harga, produk fitur dan pengiriman akan selalu di tanyakan oleh para calon pembeli yang mengunjungi toko online atau website anda. Problem mendasar seperti ini bisa diatasi dengan menggunakan chatbot. 

Untuk anda yang kebetulan menjual produk anda tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di banyak negara, time barrier bisa diatasi dengan mudah dengan kehadiran chatbot di website anda. 

Pertanyaan yang di ajukan oleh pelanggan di luar negeri akan dapat di jawab dengan segera. 

Berbeda Ketika anda hanya mengandalkan tenaga customer service  manusia yang tidak mungkin siaga 24 jam menunggui atau menjawab setiap pertanyaan yang datang. 

Cara kerja Chatbot 

Bot bekerja berdasarkan query (kata kunci) yang di ajukan oleh penanya, kemudian secara otomatis akan memberikan jawaban yang relevan dari basis data yang tersedia. Jawaban yang di berikan kepada penanya bisa berupa teks maupun suara. 

Teknologi chatbot sekarang ini mampu untuk melakukan percakapan seperti layaknya manusia.

Mengenal Chatbotika, Teknologi Chatbot dari Botika 

Chatbotika adalah produk yang di kembangkan oleh Botika, perusahaan pengembang chatbot yang berdiri pada tahun 2016.  

Selain pasar mancanegara, untuk pasar Indonesia Chatbotika sendiri sudah banyak di gunakan oleh instansi pemerintah, perusahaan swasta dan BUMN. 

Varian produk chatbot yang di kembangkan oleh Botika antara lain : 

  1. Customer service Bot 
  2. Human Resources Bot 
  3. Queuing Bot 
  4. Commerce Bot 
  5. Billing Bot 
  6. SmartCity Bot 

Kelebihan Chatbotika 

1. Chatbot Berbahasa Indonesia 

Tidak hanya chat dalam bahasa inggris, Chatbotika sudah mengembangkan chatbot Indonesia, pasar digital bisnis di Indonesia yang begitu besar membuat botika berkomitmen untuk menciptakan chatbot bahasa Indonesia  

2. Menggunakan Teknologi Genuine Language Proccessing 

Chatbotika di bangun berdasarkan Genuine Language Proccessing sehingga kualitas chatbot yang di hasilkan mampu berkomunikasi dalam bahasa yang luwes. 

3. Tim Support yang Handal 

Tim support Botika adalah developer kelas wahid, hal ini yang membuat chatbotika di percaya tidak hanya di pasar dalam negeri tetapi juga lintas benua. 

4. Terintegrasi Ke Semua Sosial Media 

Untuk anda yang membangun audience di sosial media chatbotika sangat tepat di gunakan untuk membuat tugas admin atau account executive social media tersebut menjadi lebih efisien.  

Chatbotika bisa di integrasi ke media sosial seperti whats app, Instagram, line maupun facebook. Chatbotika juga bis di set up untuk campaign hari-hari special seperti hari raya, hari kemerdekaaan atau juga campaign untuk diskon diskon khusus produk anda.  

Menyapa secara otomatis audience anda di social media bisa di lakukan dengan mudah dengan adanya chatbotika. 

Untuk mengenal chatbotika lebih mendalam anda bisa mengunjungi blog botika  

Penutup 

Engagement dengan pelanggan adalah hal sangat penting untuk menjaga pelanggan anda tetap loyal menggunakan produk anda.  

Menjaga hal ini setiap saat adalah hal yang tidak mudah, sekedar sapaan kepada pelanggan, respon cepat ke setiap pertanyaan maupun menyelesaikan proses jual beli dengan cepat akan membuat produk anda lebih di pertimbangkan oleh customer dari pada competitor anda di luar sana 

Tugas – tugas ini bisa di delegasikan menggunakan chatbot. 

Pada prinsipnya chatbot merupakan virtual assistant yang akan membantu anda meningkatkan omset penjualan dan semakin memperkuat customer base yang anda miliki. Sudah saatnya anda selangkah lebih maju dari competitor bisnis anda dengan memiliki virtual asisstant yang selalu siap sedia sepanjang waktu. 

Post a Comment for "Meningkatkan Penjualan dan Menjaga Customer Tetap Loyal dengan Media Chatbot"