Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 24 di prakerja go id dan Tips Lulus Kartu prakerja gelombang 24

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 24 di prakerja.go.id telah dibuka pada tanggal 17 Maret 2022 tepatnya di hari kamis lalu. Mulainya pendaftaran prakerja pada pukul 10.30 wib dengan jumlah kuota sebanyak 300.000 pelamar. Pengumuman dibukanya pendaftaran kartu prakerja gelombang 24 ini secara resmi disampaikan oleh Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Perekonomian lewat konferensi pers PPKM di hari Senin tanggal 14 Maret 2022 secara virtual.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 24

Ayoo! Segera daftarkan diri anda untuk mendapatkan kartu prakerja gelombang 24 ini di link website www.prakerja.go.id

Langkah-Langkah untuk Mendaftar Kartu Prakerja: 

  • Kunjungi situs resminya di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  • Klik Buat Akun, bagi anda yang belum memiliki kartu prakerja atau pendaftar baru.
  • Selanjutnya, pada form tersedia isikan Email, Password, dan lengkapi data yang dibutuhkan.
  • Cek email dan klik Link-nya untuk melakukan verifikasi akun.
  • Setelah berhasil akun dibuat, segera klik Login
  • Pada bagian dashboard, lengkapi data KTP, NIK, nomor KK dan tanggal lahir, setelah itu klik Berikutnya.
  • Secara lengkap isi data dan upload KTP 
  • Verifikasi no. HP, kemudian klik Kirim
  • Lalu isikan kode OTP yang telah masuk via SMS di nomor hanphone anda dan klik Verifikasi.
  • Kemudian pada pernyataan pendaftar harus diisi sesuai dengan kondiri pelamar, selanjutnya klik Oke.
  • Berikutnya pelamar akan diminta untuk memberi jawaban atas Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.
  • Jika sudah mengisi tes, maka akan dievaluasi
  • Selanjutnya mengikuti seleksi gelombang dengan memilih gelombang sesuai dengan keinginan anda dan domisili, kemudian klik Gabung
  • Berikutnya akan muncul konfirmasi pilihan gelombang, periksa kembali dan jika sudah pas, tinggal klik Ya Gabung
  • Setujui persetujuan prakerja dan lanjutkan untuk tahap selanjutnya, andapun perlu menunggu hasilnya setelah dilakukan evaluasi pendaftaran prakerja gelombang 24 tersebut.

Persyaratan untuk Daftar kartu Prakerja, adalah merupakan warga negara Indonesia (WNI), usianya harus lebih dari 18 tahun, bukan seorang pelajar ataupun mahasiswa, dan tidak terdaftar sebagai penerima bantuan Covid-19.

Bagi yang sudah mendaftar dan memiliki akun bisa pantau hasilnya pada dashboard yang bisa di cek secara berkala. Infomasi hasil tes kartu prakerja akan diberitahukan lewat SMS di masing-masing nomor HP yang telah terdaftar. Untuk peserta yang lulus nantinya akan memperolah biaya pelatihan berupa uang non-tunai.

Bantuan yang diberikan bagi peserta yang mendapatkan kartu prakerja hanya sekali seumur hidup, setelah itu tidak diperkenankan mengikutinya lagi. Saat lulus kartu prakerja akan otomatis mendapatkan bantuan pelatihan sebesar 1 juta rupiah.

Dalam tempo 30 hari pertama, peserta harus menggunakan uang bantuan tersebut untuk memakainya di platform digital, setelah saat manajemen pelaksana memberitahukan kepada anda sebagai peserta penerima kartu prakerja. Jika bantuan tersebut tidak segera dipakai, maka kepesertaannya bisa dicabut.

Tips Lulus Kartu prakerja gelombang 24

Agar bisa lulus kartu prakerja perlu ada tips yang dilakukan bagi anda sebagai peserta. Di gelombang ini tentu persaingan lebih sengit dan ketat daripada gelombang sebelumnya. Wajar saja peserta yang ikut mendaftar semakin banyak, sehingga peserta pun harus menunggu agar bisa lulus pada gelombang selanjutnya. 

Berikut ini beberapa tips lulus kartu prakerja gelombang 24 yang perlu menjadi perhatian;

  1. Simak dengan teliti persyaratan menjadi perserta kartu prakerja dan sesuaikan persyaratan tersebut dengan diri anda agar dalam kualifikasinya andalah orang yang telah tepat sebagai peserta.
  2. Perbaharui status pekerjaan di KTP dan ubah jikalau masih berstatus pelajar / mahasiswa di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)
  3. Siapkan data yang diperlukan dan isi pendaftaran sesuai dengan data tersebut, seperti data KTP, KK, E-mail dan nomor HP aktif. 
  4. Kerjakan tes kemampuan dasar di ruang / lokasi yang nyaman, termasuk sambungan internet yang lancar supaya mood anda tetap terjaga, dan lebih baik lagi disuguhkan dengan teh atau kopi. Selanjutnya siapkan kertas, pensil atau pulpen untuk mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar tersebut yang waktunya selama 25 menit. Tes ini berpengaruh dengan kelulusan anda, jadi harap dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Dan andapun bisa meminta bantuan kepada teman yang sudah pernah lulus kartu prakerja di gelombang sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.